nusabali

Dukcapil Jembrana Gencarkan Perekaman e-KTP Pemilih Pemula

  • www.nusabali.com-dukcapil-jembrana-gencarkan-perekaman-e-ktp-pemilih-pemula

NEGARA, NusaBali
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jembrana gencar melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dengan menyasar pemilih pemula jelang Pemilu 2024.

Selain ke sekolah-sekolah menengah atas, juga diadakan layanan perekaman secara jemput bola ke desa/kelurahan.  Seperti dilaksanakan pada Selasa (21/2), petugas Dukcapil Jembrana melaksanakan perekaman di Kantor Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya. Selain menyasar warga usia 17 tahun ke atas yang belum memiliki KTP, juga dilakukan perekaman kepada warga yang akan menginjak usia 17 tahun saat Pemilu 2024 mendatang.

Kepala Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) pada Dinas Dukcapil Jembrana I Komang Sujana, mengatakan perekaman jemput bola ke sekolah ataupun desa/kelurahan, itu sudah digencarkan mulai dua bulan terakhir. Di samping menyasar Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Pemilu 2024, perekaman jemput bola itu juga menyasar para wajib KTP yang belum mengurus kartu identitas kependudukan tersebut.

“Sebelumnya kita sudah lakukan perekaman ke beberapa sekolah. Seperti di MAN (Madrasah Aliyah Negeri), sudah kita tuntaskan. Terus di beberapa SMAN juga sudah selesai. Nah, sekarang ini, kami jadwalkan turun ke desa-desa,” ucap Sujana yang memimpin perekaman di Kantor Lurah Gilimanuk, Selasa kemarin.

Dari perekaman di Kantor Lurah Gilimanuk kemarin, Sujana menyatakan merekam sebanyak 50 orang. Warga yang dilayani perekaman jemput bola, itu pun telah didata pihak kelurahan dan diundang melakukan perekaman sesuai jadwal yang diatur pihak Dukcapil. “Kalau di desa-desa memang tidak begitu banyak. Tetapi kalau di sekolah, rata-rata bisa sampai 150-200 orang sehari,” ujarnya.

Sujana mengaku, warga yang sebelumnya memegang KTP lama atau KTP non elektronik, sudah semua terekam dan diberikan e-KTP. Untuk itu, fokus utama dalam perekaman secara jemput bola saat ini, adalah menyasar para wajib KTP baru ataupun calon wajib KTP yang terdata dalam DP4 Pemilu 2024. “Jumlah DP4 di Jembrana sekitar 7.000-an. Sedangkan saat ini, capaian sudah sekitar 40 persen. Tahun ini kami target semua tuntas,” kata Sujana. *ode

Komentar