nusabali

Didaulat jadi Tim Posyandu, Bhabinkamtibmas Sosialisasi Stunting

  • www.nusabali.com-didaulat-jadi-tim-posyandu-bhabinkamtibmas-sosialisasi-stunting

DENPASAR, NusaBali
Pemandangan berbeda terjadi dalam kegiatan kesehatan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Denpasar Utara. Anggota Bhabinkamtibmas dari Polsek Denpasar Utara dan Babinsa dari 1611-01/Dentim jadi tim Posyandu.

Mereka bergerak bersama dengan para kader kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Melalui kegiatan Posyandu, pasangan Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Denpasar Utara hadir ke tengah masyarakat untuk mengetahui persoalan yang terjadi. Sebab keduanya selain berperan sebagai aparat keamanan dan penegak hukum, Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga diminta untuk mendukung program pemerintah. Kehadiran mereka dalam kegiatan Posyandu untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan stunting.

Pada Senin (20/3) Bhabinkamtibmas Desa Ubung Kaja Aiptu I Wayan Parwata dan Bhabinsa Serka Zaenal Arifin hadir pada kegiatan Posyandu, di Balai Banjar Dauh Kutuh dan di Balai Banjar Adat Tulang Ampiang. Keduanya melihat langsung sekaligus sosialisasi bentuk dukungan terhadap pencegahan gangguan kesehatan di masyarakat, khususnya stunting, yang dilaksanakan oleh kader posyandu bekerja sama dengan Puskesmas Setempat dan Aparatur Dusun sertua Ketua Penggerak PKK Desa Ubung Kaja.

Aiptu Wayan Parwata mengatakan selain pemeriksaan kesehatan, dalam kegiatan Posyandu tersebut juga dilakukan pemberian makanan tambahan seperti buah-buahan, bubur, biskuit, obat cacing, dan vitamin bagi ibu hamil dan balita untuk pencegahan stunting. Kegiatan Posyandu ini digelar sekali sebulan di setiap banjar. Dengan demikian setiap minggu Desa Ubung Kaja ada kegiatan Posyandu.

"Bhabinkamtibmas ikut jadi tim Posyandu ini diprakarsai bapak Kapolsek Denut. Melalui kegiatan Posyandu ini kami mendengar keluhan masyarakat. Belakangan ini yang meresahkan masyarakat adalah isu penculikan anak," tutur Aiptu Wayan Parwata.

Sementara Kapolsek Denpasar Utara Iptu I Putu Carlos Dolesgit mengatakan bahwa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Denpasar Utara adalah penjabaran dari perintah Kapolri untuk bersama-sama dengan Bhabinsa, bergerak bersama menyukseskan program pemerintah pencegahan stunting di masyarakat.

"Bhabinkamtibmas bergerak bersama dengan kader kesehatan di masing-masing desa binaan. Tentunya juga berkoordinasi dengan Puskesmas setempat. Melalui kegiatan Posyandu mereka juga mendengar keluhan masyarakat yang perlu diantisipasi agar tidak sampai besar," ungkap Kapolsek. *pol

Komentar