nusabali

HUT Ke–235 Kota Denpasar, Ratusan Ikan Koi Ikuti 'Denpasar One Day Contest'

  • www.nusabali.com-hut-ke-235-kota-denpasar-ratusan-ikan-koi-ikuti-denpasar-one-day-contest

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan  menggandeng Komunitas Koi Kotamadya (Kokomad) di bawah naungan Dewata Koi Klub, menggelar One Day Contest di kawasan Lapangan Kompyang Sujana, Jalan Gunung Agung, Minggu (19/2).

Lebih dari 300 ekor ikan Koi dari Jawa dan Bali ikut dalam kontes yang diselenggarakan serangkaian HUT ke–235 Kota Denpasar ini.  Kontes tersebut dibuka Wakil Walikota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Ida Bagus Mayun Suryawangsa.

Wawali Arya Wibawa mengatakan, Kota Denpasar memiliki potensi pasar perikanan yang besar. Hal ini dibuktikan dengan tingginya permintaan ikan air tawar dan ikan hias, khususnya ikan Koi.

“Kontes ikan Koi bertajuk ‘Denpasar One Day Contest’ akan memperkaya kegiatan komunitas hobi di Denpasar. Industri ikan Koi dari segi ekonomi pun bisa memberikan harapan dan berpotensi bisnis bagi para pelakunya,” kata Wawali Arya Wibawa.

Ketua Panitia Denpasar One Day Contest yang juga Ketua Kokomad Denpasar I Wayan Angga Abiwana, menjelaskan dalam kontes ini para dewan juri akan menilai beberapa aspek, menurut ukuran, dan varietasnya. Antara lain, kualitas kulit ikan, keindahan corak, proporsionalitas tubuh ikan, pola serta penilaian secara visual keseluruhan ikan.

“Sebagai bagian dari Dewata Koi Klub, kami dari komunitas pecinta ikan Koi sangat berterima kasih atas segala dukungan Pemkot Denpasar dan pihak terkait, sehingga acara ini dapat terselenggara. Peserta hari ini, selain dari Bali, banyak yang datang dari Jawa Barat dan Jawa Timur,” ucap Wayan Angga.

Perlu diketahui, Dewata Koi Klub adalah organisasi yang mewadahi pecinta Koi baik pembudidaya, pebisnis maupun penghobi Koi di Bali.  

“Kami bertujuan mengeratkan silaturahmi antara pecinta ikan Koi. Kebetulan, para dewan juri pun ada yang berasal dari Asosiasi Pecinta Koi Indonesia, yakni Bapak Kevin (Surabaya). Mudah-mudahan melalui kegiatan kontes ini, akan banyak lahir para pegiat dan penghobi ikan Koi dengan kualitas yang baik,” ucap Wayan Angga. *mis

Komentar