nusabali

Sambut Tumpek Krulut, Pemkab Klungkung Berbagi Kasih

  • www.nusabali.com-sambut-tumpek-krulut-pemkab-klungkung-berbagi-kasih

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung berbagi kasih untuk menyambut Tumpek Klurut sebagai Hari Kasih Sayang dresta Bali. Salah satunya menggelar donor darah di wantilan SMPN 2 Semarapura, Klungkung, Rabu (15/2) pagi.

Saat puncak acara menggelar pagelaran Klungkung Menari pada Tumpek Klurut, Saniscara Kliwon Krulut, Sabtu (18/2). Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, Tumpek Krulut merupakan tumpek keempat dari enam tumpek dalam siklus kalender Bali. Tumpek merupakan hari suci untuk memuliakan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi sebagai Dewa Iswara atau Kawiswara. Krulut berasal dari kata 'Lulut' yang berarti tresna asih atau cinta kasih, senang, dan gembira. Tumpek Krulut juga dimaknai sebagai hari untuk menumbuhkan rasa cinta kasih terhadap sesama manusia.

Perayaan Tumpek Krulut sebagai Hari 'Tresna Asih' atau Kasih Sayang dresta Bali dimanfaatkan untuk menyebarkan kasih sayang dan kepedulian kepada sesama. “Kami harapkan semua akan tergugah untuk selalu berbagi kasih sayang dan kebahagian kepada orang-orang di sekitar kita,” ujar Bupati Suwirta. Selain donor darah, Pemkab Klungkung juga bagi-bagi sembako kepada anak-anak Panti Asuhan Semara Putra Klungkung, layanan kesehatan gratis kepada para sulinggih, dan sembahyang bersama. *wan

Komentar