nusabali

Atasi Masalah Sampah dari Hulu, Pemkot Denpasar Gandeng OJK

  • www.nusabali.com-atasi-masalah-sampah-dari-hulu-pemkot-denpasar-gandeng-ojk

DENPASAR, NusaBali
Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menerima Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali Nusra Giri Tribroto membahas mengenai cara mengatasi permasalahan sampah dari hulu.

Pertemuan berlangsung di Ruang Walikota Denpasar, Senin (13/2). Walikota Jaya Negara menyampaikan salah satu cara mengatasi permasalahan sampah di Denpasar adalah melalui pengolahan sampah berbasis sumber. Guna mewujudkan hal tersebut, kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan untuk melakukan pemilahan sampah dari rumah.

“Kesadaran masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah harus diberikan motivasi. Salah satunya dengan memberikan pemahaman bahwa sampah memiliki value atau nilai ekonomi dengan menukarkannya ke bank sampah,” ujar Walikota Jaya Negara.

Disampaikannya, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, Pemkot Denpasar akan menggandeng OJK untuk kegiatan nabung sampah atau nabung emas melalui pegadaian. Hasil sampah yang ditukarkan dapat menjadi tabungan atau emas. Program ini akan membantu pengolahan sampah di TPS3R dan 3 TPST yang dimiliki Kota Denpasar.

Giri Tribroto menyampaikan permasalahan sampah memang harus diatasi dari hulu untuk mengurangi beban pengolahan di hilir atau TPA.

“Dengan adanya program nabung sampah atau nabung emas, kesadaran masyarakat akan nilai dari sampah akan meningkat, sehingga volume sampah di TPA akan menurun,” kata Giri Tribroto.

Dikatakannya, kerjasama ini akan memberikan dampak baik kepada masyarakat terutama dalam pelestarian lingkungan dan inklusi keuangan. *bin

Komentar