nusabali

Hujan Deras, Senderan Rumah Warga Longsor

  • www.nusabali.com-hujan-deras-senderan-rumah-warga-longsor

NEGARA, NusaBali
Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Jembrana, Sabtu (4/2) malam. Akibatnya, longsor terjadi pada senderan atau penopang rumah warga di Banjar Panca Sari, Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo, Minggu (5/2) pagi.

Material longsor tersebut menutupi sebagian badan jalan desa setempat. Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jembrana I Putu Agus Artana Putra menjelaskan bencana tanah longsor itu terjadi sekitar pukul 06.00 Wita. "Senderan rumah warga milik Gusti Kade Ari Ardana itu longsor. Karena hujan dengan intensitas tinggi sejak Sabtu sore, hingga senderan ini dibebani oleh tekanan material berair," kata Artana, dilansir detikbali.

"Dari hasil pemantauan kami di lapangan, senderan yang longsor itu mencapai sekitar 10 meter dengan ketinggian 6 meter. Kemudian untuk ketebalan longsor mencapai kurang lebih 3 meter," papar Artana.

Dia membenarkan bahwa material tanah longsor sempat menutup sebagian badan jalan. Namun, warga setempat telah bergotong royong membersihkan longsoran agar arus lalu lintas tidak terganggu.

Saat ini Artana masih berkoordinasi agar pembersihan material longsor bisa dilakukan menggunakan alat berat. "Puing-puing besar masih belum bisa dibersihkan secara total. Sehingga diperlukan alat berat untuk memindahkan puing tersebut," imbuhnya.*

Komentar