nusabali

Karam, 40 Penumpang KM Marina Ditemukan

  • www.nusabali.com-karam-40-penumpang-km-marina-ditemukan

Kepala Badan SAR Nasional Makassar Roki Azikin memastikan kapal motor penumpang Marina Baru 2B tenggelam di Teluk Bone. Pencarian dan evakuasi penumpang, terus dilakukan. 

Dihentikan Sementara
Setelah melakukan penyisiran di Teluk Bone, Operasi SAR terpaksa dihentikan pukul 18.00 WITA karena cuaca buruk. 

Roki Asikin menyatakan tim SAR gabungan tidak lagi melakukan penyisiran di tengah laut lantaran situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan. Operasi kembali dilanjutkan Senin (21/12). Tim SAR gabungan tidak ingin mengambil risiko meneruskan operasi pencarian dan penyelamatan dengan kondisi cuaca ekstrem dan hari gelap. 

"Untuk hari ini cukup. Kami tidak melakukan operasi SAR di tengah laut setelah Magrib. Ombak besar dan angin kencang sehingga tidak memungkinkan. Operasi SAR dilanjutkan besok pagi," kata Roki, Minggu (20/12). 

Kendati angin bertiup kencang dan ombak tinggi di Teluk Bone, Roki mengatakan hal itu tidak menjadi kendala bagi kapal milik Badan SAR. Namun, situasi itu menyulitkan kapal penunjang lain yang turut membantu pencarian kesulitan menembus ombak besar. Dari tiga kapal yang dikerahkan cuma Kapal Motor Pacitan milik Basarnas yang dapat beroperasi hingga menjelang Magrib. Dua kapal lainnya diakuinya kesulitan menembus medan dengan cuaca ekstrem. 

"Kalau dari kami tidak masalah, tapi kapal lain kesulitan. Kami akan maksimalkan lagi besok," ujarnya. 7

Komentar