nusabali

Buleleng Rancang Taman Pendidikan Digital

  • www.nusabali.com-buleleng-rancang-taman-pendidikan-digital

SINGARAJA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng berencana akan membangun Taman Pendidikan Digital.

Taman yang merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini akan dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang sebagai tempat alternatif siswa dan generasi muda belajar dan berinovasi.

Rencana itu diinisiasi langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana. Taman Pendidikan Digital ini untuk menunjang dan mendukung brand Buleleng sebagai Kota Pendidikan. Sekaligus menjadi ciri khas yang berbeda dari kabupaten/kota lain di Bali.

“Dari dulu kita tahu Buleleng dikenal sebagai kota pendidikan, tetapi ada tidak ciri khas kenapa disebut kota pendidikan. Kalau karena ada Undiksha di Denpasar malah lebih banyak ada perguruan tinggi. Nah Taman Pendidikan Digital ini yang akan mendukung brand Buleleng sebagai Kota Pendidikan,” jelas Lihadnyana, Senin (30/1).

Menurutnya di Taman Pendidikan Digital ini yang rencananya akan dibangun di Jalan Pramuka, tepat di depan SMAN Negeri 1 Singaraja, akan menjadi tempat berkumpul dan nongkrong yang nyaman untuk siswa dan pemuda. Tempat ini semula dirancang untuk lokasi pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP). Namun karena sudah bergeser ke lantai tiga Pasar Banyuasri, lahan ini akan dimanfaatkan untuk Taman Pendidikan. Karena dirancang digital, Taman Pendidikan ini akan dilengkapi dengan wifi dan perangkat penunjang lainnya.

Fasilitas ini pun dapat digunakan untuk proses pendidikan informal, seperti kerja kelompok, browsing, membuat tugas, hingga membuat konten-konten kreatif yang menjadi tuntutan di era digital. “Karena brandnya Kota Pendidikan tentu identik dengan inovasi dan kreativitas yang tiada henti. Melalui Taman Pendidikan ini kita berharap misi ini bisa tercapai,” tegas dia.

Sementara itu untuk rencana pembangunan Taman Pendidikan itu masih akan dibahas lebih rinci bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Terutama untuk penyediaan anggaran. Di sisi lain, Taman Pendidikan Digital ini dibangun untuk menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan perkotaan.

Sejauh ini Buleleng sudah memiliki 4 RTH yang dimanfaatkan masyarakat perkotaan untuk tempat rekreasi, berolahraga hingga beraktivitas seni. Keempatnya yakni RTH Taman Bung Karno, RTH Yowana Asri, Taman Kota Singaraja dan RTH Soenda Ketjil. *k23

Komentar