nusabali

Impor Beras Hanya Boleh Sampai Akhir Januari

  • www.nusabali.com-impor-beras-hanya-boleh-sampai-akhir-januari

JAKARTA, NusaBali
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali menyinggung soal keterlambatan impor beras yang dilakukan oleh Perum Bulog.

Zulkifli yang sebelumnya menyatakan impor beras dibuka sampai akhir Maret, kini menegaskan hanya boleh sampai akhir Januari.

"Impor beras Januari end (berakhir), enggak boleh lagi. Pokoknya Januari. Februari enggak bisa lagi, saya kasih izin sampai Januari. Abis itu enggak bisa lagi," ujarnya saat ditemui di Cilegon, Banten seperti dilansir Tempo, Minggu (15/1).

Ia menuturkan keran impor harus berhenti pada akhir Januari, pasalnya Indonesia sudah memasuki masa panen raya pada Februari mendatang.

Pada masa panen raya, Bulog ditugaskan untuk menyerap hasil panen petani lokal. Berdasarkan informasi dari Badan Pangan Nasional (Bapanas), target penyerapan Bulog tahun ini sebesar 2,4 juta ton.

Adapun hingga saat ini, Bulog baru melakukan impor beras hingga 120 ribu ton dari target 500 ribu ton. Apabila Bulog tak juga menyelesaikan impor beras sesuai target, Zulkifli menegaskan Kementerian Perdagangan akan tetap menghentikan izin importasi tersebut.

"Ya salahin sendiri dong. Kita beli petani lah, kan udah panen. Beli ke petani yang banyak baru setelah itu kita operasi pasar," ujarnya.

Zulkifli pun menilai hasil panen dalam negeri dapat memenuhi kebutuhan nasional sepanjang tahun. Sehingga ia yakin tidak akan ada impor beras lanjutan di akhir tahun.

"Enggak (impor). Nanti udah panen, dari petani juga udah banyak. Izin kita sampai Januari," ucapnya. Sebelumnya, pada Sabtu (14/1) kemari Zulkifli menetapkan batas terakhir impor beras adalah Maret 2023. Pernyataan Zulhas ini disampaikan saat dirinya tengah mengikuti panen padi perdana tahun 2023 di sawah agro wisata organis Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor. Zulhas menerangkan panen di Kota Bogor ini baru panen awal.

Sementara itu, Bulog tak menampik pihaknya terlambat melakukan impor beras. Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik, Perum Bulog Mokhamad Suyamto menjelaskan sebetulnya izin dari Kementerian Perdagangan menyebutkan batas waktu impor beras adalah 28 Februari 2023.

Namun saat mendengar keputusan Menteri Perdagangan, ia mengatakan akan mengikuti arah kebijakan pemerintah.

"Tetap kita upayakan, tetap kita upayakan. Kita ikuti keputusan pemerintah," ujarnya saat ditemui dalam kesempatan yang sama, di Cilegon, Banten, Ahad, 15 Januari 2023. *

Komentar