nusabali

Haaland Terus Memburu Arsenal

Sempat Kesulitan, ManCity Atasi Leeds 3-1

  • www.nusabali.com-haaland-terus-memburu-arsenal

Haaland pun memperingatkan Arsenal, bahwa ManCity tidak akan berhenti mengejar dan memburu The Gunners demi trofi Premier League.

MANCHESTER, NusaBali
Mesin gol Erling Haaland tidak ada matinya. Gol demi golnya memecahkan sejumlah rekor, seperti yang tercipta pada laga pekan ke-17 Liga Primer Inggris. Haaland mencetak dua gol yang membantu Manchester City menang 3-1 lawan Leeds United, di Elland Road, Kamis (29/12) WITA. 

Dengan pencapaian itu, Haaland bertekad membantu City akan terus memburu Arsenal dalam perebutan gelar juara. Kini jarak antara City dan Arsenal di klasemen kembali jadi lima poin. City di urutan kedua dengan 35 poin, dan Arsenal di puncak dengan 40 poin.

Haaland pun memperingatkan Arsenal, bahwa City tidak akan berhenti mengejar dan memburu The Gunners demi trofi Premier League. Bagi dirinya, sebagai striker memang harus mencetak lebih banyak gol. Dia merasa bisa mencetak beberapa gol lagi.

"Kami melihat Arsenal sekarang ada di puncak dan kami harus memburu mereka," ujar Haaland. 

Gol pertama Haaland dicetak pada menit ke-51 dan menit ke-64.  Dua gol itu memastikan koleksinya dalam setengah musim ini mencapai 26 gol di seluruh ajang. Padahal, dia baru bermain sebanyak 20 kali.

Gol pertama Haaland berarti gol ke-25-nya musim ini, sekaligus rekor pertama, yakni pemain tercepat yang mencetak 25 gol selama diasuh Pep Guardiola. Rekor sebelumnya dipegang Lionel Messi pada 2009, dengan 25 gol dari 28 laga.

Kemudian, gol kedua Haaland juga memecahkan rekor fantastis lainnya. Dengan gol itu, Haaland mengemas 20 gol di Liga Inggris, menjadikannya top skorer sementara. Capaian tersebut terbilang fantastis karena Haaland mencapainya dalam 14 laga. Dia juga jadi pemain tercepat yang mencetak 20 gol di Liga Inggris.

Rekor sebelumnya dipegang penyerang Sunderland, Kevin Philips yang mencetak 20 gol dalam 21 laga. Selanjutnya ada Fernando Torres (27 laga), Alan Shearer (29), Sergio Aguero (30), Thierry Henry (34), dan Harry Kane (40).

Atas rekor tersebut,  Guardiola sampai tidak percaya dengan pencapaian Haaland. Menurutnya, Haaland mampu sangat mpresif gara-gara ada target yang lebih besar yang ingin dicapai selain hanya mencetak gol. Bahkan kalau dilihat angkanya, Guardiola merasa tidak bisa dipercaya.

“Saya rasa dia datang ke sini tidak hanya mengejar angka-angka tersebut. Tapi kami memang ingin memenangkan liga,” kata Guardiola.

Meski demikian, Guardiola belum puas dengan penampilan Haaland, yang juga banyak buang peluang dan penampilannya belum pulih seratus persen. Apalagi City sempat kesulitan memecah kebuntuan di babak pertama. 

Gol baru tercipta di menit ke-45+1 lewat Rodri memanfaatkan bola muntah tepisan kiper Illan Meslier. Haaland baru mencetak gol masing-masing di menit ke-51 dan menit ke-64. Leeds membalas gol hiburan di menit ke-73 lewat sundulan Pascal Struijk.

Haaland sejatinya dapat mencetak gol lebih cepat, bahkan lebih banyak, asalkan dua peluang di babak pertama tidak terbuang, masing-masih pada detik ke-32 dan menit ke-31. 

Menurut Guardiola, Haaland sedang berusaha memulihkan kondisi terbaiknya. Saat Man City menjalani pemusatan latihan di Abu Dhabi, Haaland tidak bisa berlatih normal karena dibekap cedera.

Selanjutnya City akan menjamu Everton di Etihad Stadium pada Sabtu (31/12) malam Wita. Sedangkan Arsenal tandang ke markas Brighton & Hove Albion pada Minggu (1/1) dini hari WITA. *

Komentar