nusabali

Jalin Sinergitas, Pemkab Badung Janjikan Ini kepada BPN

  • www.nusabali.com-jalin-sinergitas-pemkab-badung-janjikan-ini-kepada-bpn

MANGUPURA, NusaBali.com – Pemkab Badung menilai komunikasi yang selama ini terjalin dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Badung sangat baik dan mampu menyukseskan program agraria di kabupaten berlambang keris.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menjelaskan bahwa kepastian agraria di Kabupaten Badung sangat krusial. Kepastian agraria dapat mempermudah proses investasi bagi investor dan memberikan kepastian hukum atas hak tanah masyarakat.

Dengan demikian, konflik agraria dapat diminimalisasi melalui penciptaan satu data pertanahan antara BPN dan Pemkab Badung. Pada tahun 2017, prestasi besar tereksekusi yakni pembagian 3.500 sertifikat tanah kepada masyarakat di Puspem Badung. Saat itu, sertifikat tanah tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Badung.

“Kami mengapresiasi jajaran BPN Badung atas komunikasi baik yang sudah terjalin dan dengan itu dapat menyukseskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL),” ujar Bupati Giri Prasta saat berkunjung ke Kantor BPN Badung di Jalan Dewi Saraswati nomor 3, Seminyak, Kecamatan Kuta pada Selasa (20/12/2022).

Berkat sinergitas yang sudah terjalin sejak lama ini, Pemkab Badung menjanjikan dua hal kepada Kepala BPN Badung Heryanto. Janji ini, lanjut Giri Prasta, untuk mendukung kinerja yang lebih optimal di jajaran BPN Badung dan guna kepentingan masyarakat.

Pertama yang dijanjikan adalah hibah alat ukur agraria atau penerima sinyal satelit Global Navigation Satellite System (GNSS) Reiceiver. GNSS Receiver ini sudah diberikan satu unit oleh Pemkab Badung pada kunjungan Bupati Badung saat ini. Rencananya, unit kedua akan diberikan pada tahun anggaran 2023.

Selain GNSS Reiceiver yang dapat membantu performa jajaran BPN Badung dalam menjalankan tugas dan fungsinya di daerah, Pemkab Badung juga menjanjikan pembangunan gedung pelayanan pertanahan apabila diperlukan.

Hal ini ditawarkan oleh Giri Prasta lantaran Bupati Badung asal Pelaga, Kecamatan Petang ini berambisi membawa setiap pelayanan di Badung hanya sebatas genggaman tangan. Dengan kata lain, menciptakan super-app untuk berbagai pelayanan bagi masyarakat. Keberadaan gedung pelayanan pertanahan dapat mengakselerasi soliditas pelayanan BPN sebelum dapat diakomodasi ke dalam super-app tersebut.

“Untuk itu, apabila BPN Badung memerlukan sesuatu demi kepentingan pelaksanaan tugas BPN, kami siap membantu sepenuhnya,” tegas Giri Prasta.

Oleh karena itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Badung ini berharap sinergitas Pemkab Badung dengan perwakilan BPN di daerah dapat dijadikan role model oleh pemerintah pusat. *rat

Komentar