nusabali

HUT Ke-62, Jasa Raharja Bali Bertekad Semakin Tingkatkan Mutu Pelayanan

  • www.nusabali.com-hut-ke-62-jasa-raharja-bali-bertekad-semakin-tingkatkan-mutu-pelayanan

DENPASAR, NusaBali.com – Jasa Raharja Cabang Bali merayakan HUT ke-62 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang asuransi sosial tersebut pada Senin (2/1/2023). Istimewanya puluhan pegawai yang telah pensiun, ikut hadir dalam perayaan di kantor cabang Denpasar.

Jasa Raharja sendiri berdiri pada 1 Januari 1961 dan saat ini memiliki 29 kantor cabang, 63 kantor perwakilan dan 31 Kantor Pelayanan Jasa Raharja (KPJR), dan 1.835 Samsat yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Jasa Raharja kan bukan dari sekarang, tapi sudah  62 tahun berdiri, tentunya ini berkat para senior. Karena itu kami mengundang semua teman-teman yang pensiunan yang tinggal di Bali dan kita rangkul bersama,” kata Kepala Jasa Raharja Cabang Bali, Abubakar Aljufri. 

Di Bali sendiri saat ini terdata 37 pensiunan Jasa Raharja, dan dari jumlah ini sekitar 80 persen hadir dalam HUT yang kali ini mengangkat tema ‘62 Tahun Terpercaya Melayani Bangsa’.

Hadir pula Dirlantas Polda Bali Kombes Pol Rumino Ardano, Kepala Bapenda Bali I Made Santha, Kadis Perhubungan Bali I Gde Wayan Samsi Gunarta, Ketua Organda Bali Ketut Eddy Dharma Putra,  Kepala Jasa Raharja Putera Cabang Denpasar Zulkifli Lawindo, serta  para undangan lainnya.

Para stakeholder ini dinilai turut memberi kontribusi positif pencapaian Jasa Raharja, utamanya pada tahun 2022.  "Kunci pencapaian adalah kolaborasi. Jasa Raharja tidak bisa bekerja sendiri. Ada kolaborasi yang apik antara berbagai mitra kerja," ungkap Abubakar Aljufri.

Sebagaimana diketahui, sisi kinerja pendapatan Jasa Raharja Bali pada 2022 mencatat pertumbuhan sebesar 13,41 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pendapatan Jasa Raharja tersebut, juga didukung oleh kondisi ekonomi Bali yang mulai tumbuh dan pulih dari dampak pandemi Covid-19. “Dengan Bali mulai normal, pengusaha angkutan sudah bisa membeli kendaraan, sehingga akan menambah kendaraan yang di Samsat, yang kemudian mendorong peningkatan pertumbuhan pendapatan," tambah kepala cabang asal Jambi ini.

Jasa Raharja pun menegaskan komitmen meningkatkan mutu layanan terhadap masayarakat sekaligus memastikan tidak ada keluhan terkait klaim. Sebagaimana diketahui santunan untuk korban meninggal dunia di tempat, Jasa Raharja Bali menjadi yang tercepat di Indonesia dengan penyelesaian klaim rata-rata 17 jam.

“Tahun 2023 untuk mutu pelayanan tetap kita pertahankan, malah akan kami tingkatkan,” janji Abubakar Aljufri. “Dari  yang sekarang 17 jam, mungkin ke depan hanya 15 jam,” lanjutnya tentang penyelesaian klaim bagi korban kecelakaan yang meninggal di tempat.  

Upaya sosialisasi atau edukasi bersama mitra terkait untuk mencegah kasus kecelakaan lalu lintas juga akan dioptimalkan, mengingat pada 2022 tingkat kecelakaan lalu lintas mengalami lonjakan 67 persen atau dengan santunan mencapai Rp 57 miliar. 

Yang lebih memiriskan adalah 37 persen korban kecelakaan lalu lintas adalah kelompok usia pelajar.

"Ini yang perlu disikapi bersama, sehingga 2023 ini harus dilakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas," kata Abubakar Aljufri.

Jasa Raharja Cabang Bali dalam peringatan HUT ke-62 diisi dengan sejumlah kegiatan, yakni penyaluran dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan lomba-lomba yang diikuti para karyawan.

Perlombaan yang diselenggarakan diantaranya, lomba pajegan, lomba catur, lomba gaple, lomba colouring untuk anak-anak. Rangkaian kegiatan tersebut semakin menambah kekompakan dan keakraban antara keluarga besar Jasa Raharja Cabang Bali.

Selain kegiatan tersebut, sebelumnya seluruh pegawai juga melakukan sesi kegiatan foto bersama di Taman Hutan Raya Bypass Ngurah Rai serta di Balai budaya Art Centre Denpasar.

“Seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-62 Jasa Raharja  diharapkan mampu memberikan energi tersendiri kepada setiap pegawai agar selalu bekerja dengan keikhlasan dan selalu menjaga kekompakan menuju keberhasilan perusahaan,” pungkas Abubakar Aljufri.

Komentar