nusabali

Dongkrak Perekonomian, Cok Ace Dorong Daya Saing Toko Kelontong

  • www.nusabali.com-dongkrak-perekonomian-cok-ace-dorong-daya-saing-toko-kelontong

DENPASAR, NusaBali - Keberadaan toko kelontong di tengah-tengah masyarakat tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai bagian dari UMKM, toko kelontong memegang peranan penting dalam mendongkrak sektor perekonomian. Untuk itu, daya saing toko kelontong harus terus ditingkatkan agar tidak kalah dengan retail modern.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat membuka acara Pesta Retail Bali Nusa Tenggara yang diselenggarakan oleh PT Sampoerna Retail Community (SRC) di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, Minggu (18/12).

Wagub Cok Ace  dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik dilaksanakannya Pesta Retail Bali Nusa Tenggara. Menurutnya, ini merupakan bentuk tanggung jawab para pengusaha yang tergabung dalam Paguyuban Toko Kelontong Bali. Ia berharap, kegiatan ini dapat mempererat relasi antara mitra, pemilik toko, dan konsumen.

 “Kegiatan ini juga kita harapkan dapat memperkuat eksistensi toko kelontong agar keberadaannya makin nyata serta relevan untuk semua kalangan,” ujarnya.

Lebih dari itu, lanjut Wagub, kegiatan ini juga diharapkan mampu memajukan toko kelontong milik masyarakat Bali dengan berbagai macam program dan kreativitasnya agar mampu bersaing dan berkompetisi sehat dengan retail modern.

Mengutip data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Di mana, pada masa sulit, sektor ini telah membuktikan ketangguhannya melewati masa pandemi Covid-19 dan mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Guru Besar ISI Denpasar ini secara khusus memberi apresiasi atas peran PT HM Sampoerna Tbk melalui PT Sampoerna Retail Community (SRC) karena konsisten mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM yang bergerak di pengelolaan toko kelontong. Wagub Cok Ace menyebut, upaya ini terbukti memberikan dampak positif dalam menggerakkan perekonomian  dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM di Bali.

Ia berharap, peran aktif SRC di Bali dapat mendukung kebijakan sektor perekonomian Pemerintah Provinsi Bali yang tertuang dalam misi ke-16 visi 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali' yaitu Meningkatkan Perekonomian Berbasis Potensial Jasa Kreatif dan Perdagangan yang Berdaya Saing.

SRC di Bali diminta menjadi mitra pemerintah dalam memberi saran dan pertimbangan yang membangun dalam penyusunan kebijakan dan pemecahan masalah perekonomian di daerah.

Di sisi lain, Wagub Cok Ace juga berpesan kepada para pengusaha toko kelontong yang tergabung dalam wadah SRC agar mempertahankan dan melindungi kesejahteraan para pekerjanya.

Sementara itu, Regional Manager SRC Bali Nusra Nancy Sutanto dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa saat ini terdapat 225 ribu toko kelontong SRC yang tersebar di seluruh Indonesia dan 2.000 di antaranya ada di Bali. Sejalan dengan harapan Wagub Cok Ace, ia juga terus mendorong daya saing toko kelontong di antaranya melalui digitalisasi. *cr78

Komentar