nusabali

TPS di Gianyar Diprediksi Tembus 1.782

  • www.nusabali.com-tps-di-gianyar-diprediksi-tembus-1782

GIANYAR, NusaBali - Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Gianyar diprediksi bertambah. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gianyar mengestimasikan akan ada sebanyak 1.782 TPS tersebar di 7 kecamatan.

Ketua KPU Gianyar I Putu Agus Tirta Suguna menjelaskan jumlah TPS di Gianyar pada gelaran Pemilu 2024 mendatang meningkat jika dibandingkan dengan jumlah TPS pada Pemilu 2019, yang hanya 1.502 TPS. “Pemilu 2024 mendatang, estimasi TPS di Kabupaten Gianyar sebanyak 1.782 TPS. Tapi data itu masih bisa berkembang sesuai dengan jumlah Data Pemilih Tetap (DPT) nantinya," ujar Agus Tirta, kepada NusaBali di Gianyar, Senin (19/12).

Menurutnya, estimasi jumlah TPS untuk Pemilu 2024 lebih banyak dibandingkan dengan jumlah Pemilu tahun 2019, karena jumlah DPT bertambah sesuai dengan hasil dari pemutakhiran data pemilih. Selain itu jumlah pemilih di setiap TPS diwajibkan maksimal 300 orang. Karena pada Pemilu 2024 nanti masyarakat akan memilih Calon Presiden, DPR RI, DPD RI, Calon DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota. "Jadi jumlah pemilih per TPS tidak boleh lebih dari 300 orang, tujuannya memudahkan petugas pemungutan suara menghitung hasil akhirnya, sehingga tidak kewalahan. Apalagi waktu pencoblosan hanya sampai pukul 13.00 Wita," beber Agus Tirta.

Pihaknya pun telah menggelar sosialisasi pemetaan TPS, termasuk pembuatan TPS Khusus di Gianyar. Sosialisasi itu melibatkan sejumlah partai politik, instansi dan stakeholder terkait. Selain sosialisasi TPS, juga dilakukan koordinasi dan sosialisasi PKPU Nomor 7 Tahun 2022 tentang penyusunan Daftar Pemilih dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Sistem Informasi Data Pemilih.

Agus Tirta menambahkan, sosialisasi juga bertujuan untuk mengetahui jumlah pemilih di Kabupaten Gianyar. "Sehingga bisa memaksimalkan penyiapan TPS. Sedangkan untuk pembuatan TPS Khusus masih kita petakan," jelas Agus Tirta. *nvi

Komentar