nusabali

Galuh Bilen Artis Film Bali Terbaik, Konsisten Usung Kearifan Lokal Pulau Dewata

  • www.nusabali.com-galuh-bilen-artis-film-bali-terbaik-konsisten-usung-kearifan-lokal-pulau-dewata

GIANYAR, NusaBali.com - Galuh Bilen berhasil meraih penghargaan sebagai Artis Film Bali Terbaik versi Royal Bali International Film Festival dalam penganugerahan yang dilakukan di UC Silver Bali, Batubulan, Gianyar, Minggu (18/12/2022).

Penghargaan dari  Swadeshi Bali Foundation itu turut dihadiri artis dari lintas daerah di Bali maupun lintas negara.  Ia pun mengaku tidak menyangka mendapat penghargaan sebagai Artis Film Bali Terbaik, sehingga anugerah ini disebut sebagai hadiah spesial untuk merayakan Tahun Baru 2023.

"Bagi saya ini sangat spesial. Saya senang, kiprah saya di dunia film yang bernafaskan kearifan lokal Bali diapresiasi. Saya juga bangga, bahwa dapat memberi label baru terhadap Bali, yang tidak saja dikenal sebagai objek pariwisata, namun juga dikenal di bidang film," ungkap Galuh, Selasa (20/12/2022).

"Menurut mereka karena saya tetep eksis berperan dalam perfilman dan akting meski saat pandemi juga tetep syuting bikin film," sambung pelantun lagu ‘Pelet Bali’ ini. 

Ia pun mengucap terima kasih kepada  Swadeshi Bali Foundation yang menyelenggarakan penganugerahan tersebut. Tentunya ini menjadi motivasinya untuk tetap menyuarakan Bali melalui bidang film.

Bermain di layar kaca, bagi Galuh Bilen bukanlah sekadar bicara eksistensi. Namun harus ada spirit yang melatarbelakangi eksistensi tersebut, sehingga setiap langkah memiliki jiwa yang hidup. 

Dirinya berharap penganugerahan semacam ini semakin banyak digelar untuk memotivasi para artis-artis di Bali yang belakangan ini kian berkembang. 

"Sekarang kancah perfilman di Bali makin seru, makin ramai. Ssaya ikut senang. Sebagai penikmat seni peran, saya mendorong generasi muda Bali untuk ikut melirik bidang film. Tidak berhenti sebagai pemeran, namun juga sebagai sutradara, produsen dan bidang terkait lainnya," harapnya. 

Bahkan saat ini, kata dia, perguruan tinggi juga melirik dunia perfilman Bali.  

Galuh Bilen, artis kelahiran Kabupaten Bangli ini memang cukup eksis di dunia film maupun lagu mabasa Bali. 

Dirinya membintangi sejumlah film tentang Bali, antara lain film Leak bergenre horor pada 2019 yang disutradarai oleh Mimi Jegon. Terbaru penyanyi Bali ini tampil dalam film Darah Anak Melik pada tahun 2022.

Komentar