nusabali

Stok Daging Babi Jelang Galungan Aman

  • www.nusabali.com-stok-daging-babi-jelang-galungan-aman

MANGUPURA, NusaBali
Ketersediaan daging babi jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan dipastikan mencukupi.

Dari pendataan Dinas Pertanian dan Pangan Badung, jumlah babi di Gumi Keris mencapai 24.082 ekor. Namun yang sudah siap potong mencapai 6.200 ekor.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana, Rabu (21/12), mengatakan jumlah babi sudah lebih dari kebutuhan saat hari raya. Untuk itu, dia memastikan di Badung kebutuhan Babi pasti terpenuhi, meski dihitung sampai Hari Raya Kuningan.

Menurutnya, dari hasil pendataan di lapangan jumlah babi di Kabupaten Badung saat ini tercatat 24.082 ekor. Babi yang sudah siap dipotong bahkan mencapai 6.200 ekor. “Jadi kami pastikan, kalau stok aman bahkan melebihi dari kebutuhan,” tegas Wijana.

Sementara, Gabungan Usaha Peternakan Babi Indonesia (GUPBI) Bali Ketut Hary Suyasa, juga mengatakan hal yang sama. Stok babi di Bali sangat melimpah, bahkan jumlah babi yang akan dipotong saat ini meningkat dari hari raya sebelumnya.

“Kalau melihat perekonomian saat ini, babi yang dipotong lebih banyak dari pada momen hari raya sebelumnya. Namun berapa jumlahnya saya belum berani memastikan,” katanya.

Pria asal Abiansemal Badung ini menambahkan, momentum Hari Raya Galungan sangat ditinggu-tunggu oleh para peternak. Pasalnya saat Galungan banyak babi yang dijual untuk dipotong. “Berbeda dengan hari raya yang lain, Nyepi misalkan, jumlah babi yang dipotong sedikit,” bebernya.

Disinggung harga babi di pasaran, Suyasa mengaku untuk babi hidup berada dikisaran Rp 42.000 sampai Rp 43.000 per kilogram. Namun pihaknya memastikan harga tersebut masih dijangkau oleh masyarakat. *asa

Komentar