nusabali

Hadir Resepsi Nikahan Kaesang, SBY Ungkap Hubungan Baik dengan Jokowi

  • www.nusabali.com-hadir-resepsi-nikahan-kaesang-sby-ungkap-hubungan-baik-dengan-jokowi

JAKARTA, NusaBali
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri acara tasyakuran malam pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina Sofia Gudono.

SBY sempat bercerita hubungan baik dengan Presiden Jokowi. SBY juga mengaku tak pernah melupakan momen Kaesang mengikuti salat jenazah mendiang Ani Yudhoyono di Singapura.

“Tentu dengan Pak Jokowi kami memiliki hubungan yang baik, mungkin tidak selalu diketahui oleh pers,” kata SBY di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

SBY mengatakan dirinya dan Jokowi memiliki kesamaan. SBY menekankan bahwa hubungan baik dengan Jokowi selalu terjaga.

“Karena kami sama-sama, saya pernah mengemban amanah memimpin negeri ini, beliau sekarang mendapatkan tugas memimpin kita semua. Dan hubungan-hubungan baik itu terjaga,” ujar SBY seperti dilansir detikcom.

SBY juga menceritakan hubungan baik antara mendiang istrinya Ani Yudhoyono dengan Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo. SBY menyebut keduanya sempat beberapa kali bertemu.

“Saya juga dulu kepada ibunda beliau yang telah wafat dengan Ibu Ani almarhummah juga memiliki hubungan baik, beberapa kali ketemu,” tutur SBY.

SBY datang ke acara tasyakuran Kaesang dengan Erina didampingi oleh putranya Agus Harimurti Yudhoyono dan Edie Baskoro Yudhoyono beserta istri mereka.

SBY juga bersalaman dan mengucapkan selamat kepada keluarga Jokowi dan keluarga Gudono atas pernikahan Kaesang dan Erina. Mereka juga berfoto bersama.

Pada saat bersalaman, Kaesang sempat mencium tangan SBY. SBY juga tampak memberikan wejangan kepada Kaesang sambil menepuk pundak Kaesang.

“Dengan Mas Kaesang ini ada sesuatu yang tidak pernah saya dan keluarga melupakan, ketika almarhumah Ibu Ani dipanggil oleh Allah di Singapura, waktu itu Mas Kaesang sedang studi di Singapura. Mas Kaesang sempat mengikuti salat jenazah untuk almarhumah Ibu Ani, saya tidak pernah melupakan,” kata SBY.

SBY juga menceritakan momentum Kaesang mengantar langsung undangan pernikahannya ke rumah SBY di Cikeas, Bogor. SBY lalu mendoakan agar pernikahan Kaesang dan Erina langgeng.

“Oleh karena itu ketika Mas Kaesang datang ke Cikeas beberapa saat yang lalu mengantarkan undangan, tentu bagi saya bagus untuk membalas kebaikan Mas Kaesang dan sekaligus menjaga silaturahim saya dengan Pak Jokowi beserta keluarga,” ujarnya.

SBY menyebut ada sejumlah hal yang didiskusikan dengan Kaesang. Dia menyebut Kaesang salah satu calon pemimpin di masa depan.

“Saya berdiskusi bersama beliau meskipun muda, karena saya selalu menempatkan pemimpin muda, tokoh muda yang perlu juga kita berikan jalan dan kita berikan peluang, suatu saat juga berbakti untuk negeri ini dengan posisi yang insya Allah terhormat dan baik,” sebut SBY.

Selain itu, SBY dan Kaesang juga sempat berdiskusi terkait olahraga. SBY saat ini sedang membina klub bola voli, sementara Kaesang membina klub sepakbola.

“Saya berdiskusi urusan memajukan olahraga. Saya kan mendirikan dan membina bola voli yang alhamdulillah prestasinya bagus. Nah, Mas Kaesang ini membina olahraga sepakbola, jadi kita senang berdiskusi waktu itu bagaimana olahraga di Indonesia bisa kita majukan lagi,” jelasnya.

SBY mengaku sempat memberikan wejangan pernikahan kepada Kaesang. SBY berharap pernikahan Kaesang dan Enina abadi.

“Meskipun secara eksplisit tidak begitu (meminta wejangan), tetapi saya tahu Mas Kaesang juga menyampaikan hajatnya untuk menikah dengan Mbak Erina, otomatis saya memberikan pandangan, ‘Begini, Mas, doa saya, harapan saya nanti perkawinannya abadi, berbahagia dengan Mbak Erina’ dan saya doakan pula setelah berumah tangga, kariernya, profesinya bertambah sukses,” tutur SBY. *

Komentar