nusabali

Tiga Kamera ETLE Dipasang di Jalur Denpasar-Gilimanuk

Untuk Wilayah Badung Ditarget Rampung Sebulan Lagi

  • www.nusabali.com-tiga-kamera-etle-dipasang-di-jalur-denpasar-gilimanuk

MANGUPURA, NusaBali
Untuk memaksimalkan penggunaan tilang elektronik atau Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE), Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bali membangun kamera ETLE di tiga titik di sepanjang Jalan Denpasar-Gilimanuk yang merupakan wilayah hukum (Wilkum) Polres Badung.

Pembangunan tiga titik kamera tersebut ditargetkan rampung dalam waktu sebulan ke depan. Hal ini disampaikan Kasatlantas Polres Badung, Iptu Ni Putu Meipin Ekayanti dikonfirmasi melalui telepon, Jumat (25/11). Sembari menunggu perampungan pembangunan tiang kamera ETLE tersebut, saat ini Satlantas Polres Badung menerapkan tilang elektronik menggunakan HP yang dimodifikasi (ETLE mobile).

Tilang dengan menggunakan kamera HP modifikasi ini kata Iptu Meipin belum maksimal. Saat ini sifatnya adalah sosialisasi. Pada waktunya nanti akan dimaksimalkan kalau semuanya sudah siap. "Jadi, kita anggota di Polres Badung itu hanya mengcapture-capture pelanggaran. Nanti langsung masuk ke aplikasinya. Itu HP bukan sembarangan. Itu ETLE Mobile Handheld digunakan melalui tangan," ujarnya.

Data-data yang direkam itu nantinya masuk ke sistem dan selanjutnya akan diverifikasi oleh personel Ditlantas Polda Bali, apakah nomor kendaraannya sudah cocok, dan sebagainya. "Setelah sosialisasi dan pembangunan tiang sudah selesai, barulah kita bisa menindak. Sementara ini kita mobile saja dulu," tuturnya.

Dalam hal ini, kata Iptu Meipin, anggota yang bekerja di lapangan sifatnya sebatas patroli. Bila menemukan ada ketidakcocokkan pada kendaraan, anggota akan melakukan teguran simpatik. "Sementara kita hanya melakukan teguran simpatik saja dulu. Nanti kalau ada kendaraan yang tidak cocok, sifatnya hanya teguran," tandasnya. *pol

Komentar