nusabali

Rakor Forum Perbekel/Lurah Bahas 3 Isu Strategis

Wawali Minta Koordinasi dan Komunikasi Ditingkatkan

  • www.nusabali.com-rakor-forum-perbekellurah-bahas-3-isu-strategis

DENPASAR, NusaBali
Tiga isu strategis, yakni terkait pelayanan administrasi kependudukan, pengelolaan sampah, hingga permasalahan banjir dan penanganannya, menjadi bahasan utama Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Perbekel/Lurah Kota Denpasar, di Kantor Kelurahan Sanur, Selasa (18/10).

“Kami membahas tiga isu strategis permasalahan yang sering dihadapi perbekel/lurah, seperti, administrasi kependudukan, masalah sampah, serta banjir di musim penghujan dan penanganannya,” kata Ketua Forum Perbekel/Lurah Kota Denpasar I Gede Wijaya Saputra, yang memimpin rakor yang dihadiri Wakil Walikota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa, Kepala Disdukcapil Denpasar Dewa Gede Juli Artabrata, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Denpasar Wayan Budha, Kabid Persampahan dan Limbah B3 Dinas LHK Denpasar I Ketut Adi Wiguna, camat serta perbekel/lurah se-Kota Denpasar.

“Forum ini dilaksanakan untuk menyatukan pikiran dalam menyelesaikan segala permasalahan yang ada di daerah. Perlu ada komunikasi yang baik untuk menyelesaikan permasalahan seperti apa saja kendala yang dihadapi hingga solusi yang bisa dipakai nanti,” ucap Gede Wijaya.

Gede Wijaya mengatakan tindak lanjut hasil rakor akan diambil langkah-langkah penyamaan persepsi guna pelayanan kepada masyarakat dengan dilandasi semangat vasudhaiva kutumbakam.

“Langkah awal mengenai isu banjir, sesuai arahan Bapak Wakil Walikota,  kami akan memanfaatkan program bapak angkat, stakeholder serta masyarakat untuk membersihkan selokan dan gorong-gorong untuk mengantisipasi banjir, karena intensitas hujan akhir-akhir ini sangat tinggi,” kata Gede Wijaya.

Wawali Arya Wibawa mengapresiasi rakor tersebut. “Ini merupakan bentuk komunikasi dari bawah ke atas. Kita hadir untuk memahami berbagai permasalahan, kendala, dan mencari solusi hingga bisa langsung dijelaskan ke masyarakat. Kepada perbekel dan lurah agar selalu membangun komunikasi dan koordinasi baik dengan masyarakat maupun dengan OPD terkait, sehingga pelayanan kepada masyarakat dan penanganan suatu peristiwa dapat dilakukan lebih cepat dan lebih baik,” kata Wawali Arya Wibawa.

Wawali Arya Wibawa juga mengingatkan jajarannya di OPD agar lebih intens melakukan koordinasi dengan aparat di desa/kelurahan sehingga respons cepat bisa diberikan, apalagi dalam mengantisipasi cuaca ekstrem saat ini. *mis

Komentar