nusabali

HPI Siapkan Anggotanya Pandu Delegasi G20

  • www.nusabali.com-hpi-siapkan-anggotanya-pandu-delegasi-g20

DENPASAR,NusaBali
Himpunan Pramuwisata Bali (HPI) memastikan kesiapan mendukung perhelatan G20  agar berlangsung sukses.

Salah satunya tentu kesiapan pramuwisata  mumpuni, yang memang menjadi kompetensi HPI. Sekretaris DPD HPI Bali Komang Puji mengatakan Minggu (16/10). "Event-event besar (MICE). bukan yang pertama kali bagi kita (HPI)," ujarnya.

Namun relatif sudah sering dialami. Dimana HPI sebagai komponen pariwisata juga sudah sering diikutsertakan secara kelembagaan. "Walaupun tidak semuanya secara personal terlibat," ungkap Komang Puji.

Komang Puji, mengatakan pramuwisata anggota HPI Bali sudah siap jika misalnya ada permintaan untuk menghandle delegasi G20. "Karena itu memang kompetensi kami di HPI, "jelasnya. Walau demikian HPI, tetap mengimbau kepada anggota untuk mempersiapkan diri sebaik  mungkin berkaitan dengan kepemanduan.

"Memang sudah ada beberapa travel agent yang kontak terkait kepemanduan, " ungkap Komang Puji. Sebagai bagian dari masyarakat Bali khususnya dan komponen pariwisata, Komang Puji mengatakan HPI mendukung perhelatan G20 berjalan lancar dan sukses.  Dengan sukses pelaksanaan G20,  pariwisata Bali diharapkan  semakin baik waktu ke depan.

Membaiknya pariwisata Bali pasca pandemi Covid-19, menurut Komang Puji sudah berdampak kepada pramuwisata. "Terutama teman -teman guide yang menghandle wisatawan Eropa sudah ada yang mulai kerja, ".ujarnya.

Sedang untuk pramuwisata Bahasa Mandarin, belum aktif. Karena belum ada wisatawan Tiongkok yang datang. Demikian juga wisatawan Jepang, masih minim.  Demikian juga dengan wisman Korea masih jarang.

Semua itu karena faktor penerbangan, masih belum banyak yang langsung ke Bali. Dari sekitar 6.500 anggota HPI Bali, Komang Puji memperkirakan baru separonya yang mulai kerja. "Kira kira baru segitu," kata Komang Puji, yang merupakan pramuwisata bahasa Jepang. *k17

Komentar