nusabali

Lokalate 4th Menginspirasi: Pekan Melek Inklusivitas 2022

Rangkaian Workshop Ramah Disabilitas di 10 Kota

  • www.nusabali.com-lokalate-4th-menginspirasi-pekan-melek-inklusivitas-2022
  • www.nusabali.com-lokalate-4th-menginspirasi-pekan-melek-inklusivitas-2022

DENPASAR, NusaBali.com - Brand minuman kopi Lokalate memperingati hari jadi ke-4 dan menghadirkan ‘Lokalate 4th Menginspirasi: Pekan Melek Inklusivitas 2022’ yang menjadi rangkaian workshop ramah disabilitas di 10 kota seluruh Indonesia.

Kegiatan yang diselenggarakan 14-16 Oktober 2022 ini merupakan salah satu wujud komitmen serta konsistensi Lokalate yang selama 4 tahun mendukung mendukung perkembangan #sobatmelekgue seperti beasiswa, karier, bisnis, finansial hingga inklusivitas. 

“Lokalate sebagai #SobatMelek anak muda di Indonesia dalam beraktivitas sangat bangga dapat merayakan HUT ke-4. Selama 4 tahun terakhir, kami mengamati bahwa anak muda Indonesia perlu lebih melek akan berbagai topik yang mendukung perkembangan mereka dalam mempersiapkan masa depan,” kata Yesaya Christian, Brand Manager Lokalate.

Salah satu topik yang menjadi fokus lokalate adalah isu inklusivitas. Dengan lebih banyak memberikan perhatian dan kontribusi bagi perkembangan anak muda dengan disabilitas, maka teman disabilitas tidak hanya setara bahkan sangat mungkin memiliki prestasi dan berdaya. 

“Untuk itu, pada HUT ke-4nya, Pekan Melek Inklusivitas 2022 hadir sebagai wadah peningkatan kapasitas anak muda yang dikemas dalam rangkaian workshop ramah disabilitas,” terang Yesaya.

Pekan Sobat Melek ini secara inklusif terbuka untuk semua orang dan ramah bagi disabilitas, diselenggarakan bersamaan dengan pekan dari Hari Penglihatan Sedunia pada 13 Oktober 2022. 

“Bersamaan dengan Hari Penglihatan Sedunia, 6 bidang workshop siap bikin anak muda Indonesia melek, baik di bidang karier, bisnis, finansial, beasiswa, inklusivitas, dan kepemimpinan,” kata Yesaya. 

Seluruh anak muda maupun disabilitas dapat mengikuti rangkaian acara ini di Bali, Malang, Manado, Medan, Pekanbaru, dan Palembang secara luring. Sedangkan 4 kegiatan yang berlokasi di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Bandung dilakukan secara hybrid dan menghadirkan juru bahasa isyarat yang dapat membantu para disabilitas memahami workshop. 

“Tentunya sambil mengikuti workshop, teman-teman dapat ditemani rasa unik Lokalate sebagai #SobatMelek anak muda,” tambah Yesaya.

Hashtag #SobatMelekGue sendiri merupakan panggilan akrab bagi anak muda Indonesia yang tumbuh bersama Lokalate.

Melek karier diadakan bersama Koneksi Indonesia Inklusif (Konekin) bertempat di Jakarta membahas pembuatan curiculum vitae yang dibawakan Paulina Nina Listriyani (HR Asscociate Nutrifood) dan I Made Wikandana (Disability Inclusion Officer at UNICEF Indonesia); serta membahas personal branding yang akan dibawakan Iqbal Darmawan (Top 15 The New L-Men of The Year 2020, Founder @caldarechamp dan Okky Alparessi (Winner The New L-Men Of The Year 2020, Founder @warnalain.id). 

Melek bisnis  diadakan di Yogyakarta membahas berdaya dan berkarya lewat wirausaha, menghadirkan Wiwin Sugandi (owner Hebit Food) dan Vany Septiana (Ketua Seksi Diklat & Training, Pusat Rehabilitasi YAKKUM). 

Melek beasiswa diadakan di Surabaya bersama Tatuli Surabaya dan Think Indonesia mengangkat tema beasiswa untuk semua, dan menghadirkan Lingga Wishnu Pratama SM (Indonesia Scholarship Center). 

Melek Finansial berkaitan dengan bisnis bertempat di Bandung bersama Bumi Disabilitas membahas Prepare Your Financial for Future yang dibawakan oleh Azkia Qatrea Rebia (CMO of Beyond Indonesia), Naura Bramasti (CEO of Beyond Indonesia) dan Melvin Mumpuni (CEO Finansialku).

Yesaya mengatakan, selama 4 tahun bergerak di Industri makanan dan minuman, Lokalate mengajak anak muda Indonesia jadi generasi yang melek akan banyak hal untuk bangun negeri lewat banyak program unggulannya. 

Rumah Lokapreneur, program pendampingan oleh tim manajemen Nutrifood yang didukung Kemenparekraf bikin para entrepreneur muda semakin melek bisnis. 

Lokalate turut mengembangkan anak muda lewat pendidikan melalui program bersama WISH Festival, program magang kampus merdeka oleh Kemendikbudristek, dan berbagai webinar seru yang sesuai dengan kebutuhan anak muda. 

Lokalate juga mendukung berbagai kompetisi E-Sport yang sedang berkembang di kalangan anak muda dan virtual race berkolaborasi dengan Ninety Nine Virtual Race dan Wonderful Indonesia yang berhasil memecahkan rekor MURI.

Lokalate 4th Menginspirasi: Pekan Melek Inklusivitas 2022, sebagai workshop ramah disabilitas akan hadir pula di 6 nutrihub lainnya, bekerjasama dengan berbagai komunitas. Nutrihub Manado bekerjasama dengan Komunitas Tuli Peduli Bitung (Kaleb) Sulawesi Utara (Sulut), Gerakan Kepedulian Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Sulut dan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Sulut membahas how to achieve your dream to be an entrepreneur. 

Nutrihub Palembang bekerjasama dengan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia membahas pemasaran melalui digital. Nutrihub Pekanbaru bekerjasama dengan Kutilang Riau dan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia Riau membahas pengembangan diri dan semangat menginspirasi. 

Nutrihub Bali bekerjasama dengan Dnetwork Bali membahas Disability and Inclusion: How to Be Inclusive. Nutrihub Medan berkolaborasi dengan GenBi Sumatera Utara membahas peningkatan pengalaman karier. 

Nutrihub Malang juga turut berpartisipasi membahas kepemimpinan yang inklusif atau inclusive leadership.

Sebelumnya Kemenko PMK  menegaskan  penyandang disabilitas harus diberi peluang, penghargaan dan kesempatan untuk memiliki derajat yang sama. Hal ini juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2019. Sebagai warga negara, penyandang disabilitas juga harus berkontribusi untuk menghadapi masa depan.

Komentar