nusabali

Inilah Pertemuan-pertemuan Penting Megawati di Batutulis

  • www.nusabali.com-inilah-pertemuan-pertemuan-penting-megawati-di-batutulis

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Batutulis, Bogor, Jawa Barat.


Pertemuan di Batutulis pada Sabtu (8/10/2022), ternyata bukan yang pertama kali. Pertemuan di Batutulis sudah terjadi 6 kali. Megawati 5 kali bertemu dengan Jokowi dan 1 kali bertemu dengan Prabowo Subianto.

Berdasarkan catatan detikcom, pertemuan di Batutulis hampir semuanya menghasilkan keputusan penting. Yang paling lawas, pertemuan pernah terjadi pada Mei 2009 lalu.

Berikut ini pertemuan-pertemuan yang pernah terjadi sejak 2009 lalu:
1. Jumat, 15 Mei 2009
Dalam pertemuan itu, Megawati berbincang dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan terjadi kesepakatan antara keduanya terkait capres dan cawapres.
Megawati dan Prabowo sepakat untuk maju capres dan cawapres periode 2009 hingga 2014. Namun demikian, Pilpres kala itu dimenangkan oleh pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono.

2. Minggu, 22 Oktober 2017
Pertemuan kedua berlangsung pada 2017 silam. Megawati saat itu bertemu dengan Presiden Jokowi.
Pertemuan berlangsung secara tertutup. Dalam pertemuan ini tidak ada keputusan politik penting yang dihasilkan.

3. Selasa, 20 Februari 2018
Megawati kembali bertemu dengan Jokowi di Istana Batutulis. Berbeda dengan pertemuan sebelumnya, pada malam itu Megawati dan Jokowi menyepakati keputusan penting.
Dia sepakat untuk mencalonkan Jokowi kembali pada Pilpres 2019. Tiga hari kemudian, setelah pertemuan itu, PDIP mendeklarasikan Jokowi sebagai capres.

4. Selasa, 12 Juni 2018
Selang beberapa bulan kemudian, Jokowi dan Megawati kembali bertemu. Saat ini pembicaraan berkaitan dengan sosok cawapres yang akan mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019.

5. Minggu, 8 Juli 2018

Sebulan kemudian, Megawati kembali membahas soal cawapres dengan Jokowi. Pada saat ini lah nama cawapres Jokowi sudah mengerucut.
Keputusan itu pun disampaikan pada hari yang ‘cerah’. Kemudian, pada akhirnya muncul lah hasil bahwa Jokowi didampingi oleh K.H Ma’ruf Amin maju Pilpres 2019.

6. Sabtu, 8 Oktober 2022
Yang terbaru, Megawati bertemu dengan Jokowi selama sekitar 2 jam. Pertemuan itu membahas soal krisis pangan hingga Pemilu 2024.

Perihal pertemuan tersebut diungkap langsung oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Dia menyebut Megawati bahkan mempersiapkan khusus makanan untuk menjadi Jokowi.

“Makanan secara khusus dipersiapkan oleh Ibu Megawati berupa jagung, kacang Bogor, pisang rebus, talas, dan juga nasi uduk. Dari makanan untuk menjamu Presiden Jokowi sendiri penuh dengan semangat kerakyatan,” ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/10/2022).

Hasto menyebut dalam pertemuan tersebut Megawati dan Jokowi membahas langkah-langkah penting dalam menghadapi krisis pangan dan ekonomi dunia, termasuk berbagi pengalaman pada Jokowi bagaimana menuntaskan krisis. Selain itu, Hasto menuturkan, dalam kesempatan itu, Jokowi menegaskan keseriusan pemerintah dalam menangani tantangan ekonomi dan berbagai krisis.

“Ibu Mega memang sangat menaruh perhatian terhadap krisis ekonomi dan pangan. Beliau membagi pengalaman lengkap menuntaskan krisis multidimensional. Saat itu seluruh jajaran Kabinet Gotong Royong benar-benar fokus dan terpimpin sehingga pada tahun 2004 Indonesia bisa keluar dari krisis,” tuturnya.

“Pak Jokowi pun menegaskan keseriusan pemerintah, termasuk bagaimana para menteri harus fokus menangani berbagai tantangan perekonomian, krisis pangan-energi, dan tekanan internasional akibat pertarungan geopolitik,” kata Hasto. *

Komentar