nusabali

Panen 90 Kg Sayur dan Buah, Dibagikan kepada 26 KK

Desa Dauh Puri Kauh Manfaatkan Lahan Kosong untuk Pertanian

  • www.nusabali.com-panen-90-kg-sayur-dan-buah-dibagikan-kepada-26-kk

DENPASAR, NusaBali
Aparat Desa Dauh Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Barat, memanen aneka sayur dan buah dengan berat total mencapai 90 kilogram, Jumat (2/9) pagi.

Sayur dan buah yang dipanen serta ternak lele, ditanam dan dibudidayakan di lahan kosong seluas 15 are yang dijadikan lahan pertanian di Jalan Pulau Misol.

Perbekel Dauh Puri Kauh I Gusti Made Suandhi mengatakan hasil panen dalam kegiatan ketahanan pangan nabati dan hewani ini dibagikan kepada 26 kepala keluarga (KK) warga yang kesulitan ekonomi atau masih terdampak pandemi Covid-19. Kegiatan ini untuk merealisasikan salah satu rencana kerja pemerintah Desa Dauh Puri Kauh.

“Kami membangun area pertanian serta peternakan di tengah perkotaan ini berlokasi di Jalan Pulau Misol sejak Juni 2021, di atas lahan seluas 15 are. Di sini membudidayakan berbagai jenis buah, sayuran, dan beternak lele,” kata Gusti Suandhi.

Menurut Gusti Suandhi, sejak lahan ini dimanfaatkan sebagai lahan pertanian dan peternakan, sudah empat kali panen. Pada Jumat kemarin, dipanen terong, tomat, mentimun, kacang panjang, cabai, pisang dengan total mencapai berat 90 kilogram. Sedangkan lele rencananya akan dipanen sebulan lagi dan akan langsung disalurkan kepada masyarakat.

Ditambahkannya, tujuan kegiatan ini karena tergerak untuk membantu warga yang membutuhkan. “Pembukaan lahan pertanian di tengah kota ini pada dasarnya berawal dari ide memanfaatkan lahan kosong milik masyarakat. Selain itu untuk memberdayakan warga yang terdampak Covid-19 agar dapat bertahan memutar roda kehidupan. “Semoga inisiatif kami ini terus berlanjut dan menginspirasi warga desa lainnya di Kota Denpasar,” ucap Gusti Suandhi.

Panen sayur dan buah dipimpin Perbekel Dauh Puri Kauh, dihadiri jajaran pemerintah desa, kepala dusun, BPD, dan LPM setempat. *mis

Komentar