nusabali

SMAN 2 Denpasar Gelar Pameran Pendidikan

Bantu Siswa Cari Kampus Ideal

  • www.nusabali.com-sman-2-denpasar-gelar-pameran-pendidikan

DENPASAR, NusaBali
SMA Negeri 2 Denpasar (Resman) menggelar pameran bertajuk 'Resman Education Expo 2022' pada 1-2 September 2022 di sekolah setempat, Jalan Sudirman, Denpasar.

Pameran yang diikuti sejumlah perguruan tinggi di Bali maupun luar Bali bertujuan memberi wawasan kepada siswa untuk melanjutkan pendidikannya setelah lulus nanti.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 2 Denpasar, Dra Tri Sulistyaningsih, Mpd, mengungkapkan ada sebanyak 34 institusi yang mengikuti pameran yang mengangkat tema 'Bersinergi Memberi Informasi untuk Mewujudkan Mimpi'. Selain institusi pendidikan tinggi pameran juga diikuti lembaga kursus maupun agen untuk kuliah di luar negeri.

"Ini sebenarnya permintaan anak-anak juga, kami fasilitasi agar mereka punya bayangan universitas mana yang akan dituju, jurusannya seperti apa," ujar Sulistyaningsih, ditemui NusaBali di tengah kegiatan.

Ia menambahkan, pihak sekolah juga mempersilakan pihak kampus maupun institusi terkait untuk melakukan presentasi ke kelas-kelas memperkenalkan program studi yang mereka tawarkan.

Selain dengan pameran ini, lanjutnya, sekolah juga membimbing siswa melanjutkan masa depannya dengan menyediakan bimbingan dan konseling (BK). Para siswa juga diarahkan mengikuti sejumlah webinar yang menginformasikan perguruan tinggi yang menyediakan beasiswa. "Peserta pameran yang datang juga kami seleksi terutama yang menyediakan beasiswa," ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia, I Made Dika Anggara, SPd, menuturkan, pameran pendidikan ini merupakan program yang dilaksanakan untuk kelima kalinya sejak 2017. Dengan adanya pameran ini para siswa khususnya kelas XII tidak perlu lagi mencari informasi ke tempat perguruan tinggi yang diminati tapi cukup mendatangi stan mereka pada pameran. "Ketika anak didik kita memerlukan informasi mengenai hal tersebut, dia bisa mendapatkannya di sini tanpa mencari keluar," ujar guru IT SMAN 2 Denpasar tersebut.

Sejumlah kampus luar Bali yang mengikuti pameran di antaranya Binus University, Universitas Pelita Harapan, LSPR, dan Universitas Atma Jaya. Sementara kampus-kampus di Bali yakni IPB Internasional, Universitas Dhyana Pura, Undiknas University, dan ITB Stikom Bali. *cr78

Komentar