nusabali

Menteri India Kunjungi Kampus IPB I Bali, Jajaki Kerja Sama

  • www.nusabali.com-menteri-india-kunjungi-kampus-ipb-i-bali-jajaki-kerja-sama
  • www.nusabali.com-menteri-india-kunjungi-kampus-ipb-i-bali-jajaki-kerja-sama
  • www.nusabali.com-menteri-india-kunjungi-kampus-ipb-i-bali-jajaki-kerja-sama

DENPASAR, NusaBali.com –  Menteri Pengembangan Keterampilan dan Kewirausahaan India,  Dr Dharmendra Pradhan,  bersama rombongan,  mengunjungi Kampus Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPB I) Bali, Rabu (31/8/2022). 

Setibanya di Kampus IPB I Bali   yang berlokasi di Jl Kecak No 12, Tonja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Senpasar,  rombongan disambut oleh Ketua Yayasan Dharma Widya Ulangun Dr Nyoman Gede Astina Mpd CHT CHA dan Rektor IPB I Bali Dr I Made Sudjana SE MM CHT CHA yang langsung  mengarahkan rombongan ke Gedung Kecak Restoran IPB I.

Dr Dharmendra Pradhan mengatakan bahwa di sela-sela kunjungannya ke Indonesia, khususnya Bali sebagai lokasi diadakannya kegiatan G20 pada bulan November 2022 mendatang, ia menyempatkan  mengunjungi salah satu perguruan tinggi pariwisata terbaik yang ada di Bali yakni Kampus IPB I Bali.

“Bali sebagai bagian dari Indonesia yang sangat terkenal di dunia, sebagai salah satu pusat pariwisata kelas dunia sangat penting bagi kami untuk saling berbagi pengetahuan dan ilmu dalam bidang pariwisata, dan juga kami akan berencana melakukan hubungan kerja sama antara Kampus IPB I Bali dan India,” katanya.

Dr Dharmendra Pradhan pun mengucapkan selamat kepada Indonesia, yang tahun ini mengemban Presidensi G20. “Selamat juga kepada Bali sebagai lokasi terpilih diadakannya pertemuan G20,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Dharma Widya Ulangun Dr Nyoman Gede Astina Mpd CHT CHA mengungkapkan kegembiraannya terhadap kunjungan Menteri Pengembangan Keterampilan dan Kewirausahaan India ke Kampus IPB I Bali.


“Untuk ke depannya kami akan melakukan sebuah kerja sama seperti pertukaran instruktur dosen dan pertukaran mahasiswa, hal tersebut penting dilakukan karena mahasiswa yang menempuh pendidikan di Kampus IPB I Bali sudah memiliki pola pikir 'go global'. 

"Kampus IPB I Bali berusaha menjalin kerja sama dan kolaborasi dalam hal ini dengan pemerintah India untuk memajukan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa khususnya di sektor pariwisata,” terangnya.

Lebih jauh Rektor IPB I Bali Dr I Made Sudjana SE MM CHT CHA menjelaskan bahwa Kampus IPB I Bali telah menjalin kerja sama dengan banyak negara yang ada di Asia seperti Jepang, dan untuk ke depannya Kampus IPB I Bali akan menjalin hubungan kerja sama dengan India dalam hal pengembangan pengetahuan serta keterampilan di bidang pendidikan pariwisata.

“Kami dari Kampus IPB I Bali berusaha menjalin kerja sama dengan banyak negara, dalam kesempatan yang baik ini kami akan menjalin hubungan dengan hotel-hotel yang ada di India sebagai tempat training mahasiswa Kampus IPB I Bali,” jelasnya.

Lebih lanjut Dr I Made Sudjana SE MM CHT CHA menuturkan bahwa sebelum mahasiswa IPB I Bali menyelesaikan studinya, mahasiswa mendapat kesempatan untuk mencari pengalaman ke luar negeri untuk mengasah keterampilan, pola pikir, dan wawasan yang akan berpengaruh kepada masa depan masing-masing mahasiswa. 

“Mahasiswa akan mendapatkan waktu selama satu tahun enam bulan untuk mendapatkan pengalaman kerja di luar negeri, yang tentunya akan berdampak positif kepada mahasiswa dari segi bahasa, keterampilan, wawasan dan pengetahuan, karena telah bergaul dengan banyak orang di tingkat internasional,” tutupnya.

Komentar