nusabali

Sosialisasi Bahaya Narkoba, BNNP Bali Gelar Turnamen Basket

  • www.nusabali.com-sosialisasi-bahaya-narkoba-bnnp-bali-gelar-turnamen-basket

MANGUPURA, NusaBali
Berbagai upaya dilakukan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali dalam memerangi narkoba. Salah satunya dengan menyelenggarakan pertandingan basket di Beach Court Discovery Mall, Jalan Kartika Plaza, Kelurahan/Kecamatan Kuta, Badung, Sabtu (27/8).

Pertandingan basket 3x3 yang diikuti 103 tim itu bertajuk ‘dunk on drugs’. Kepala BNNP Bali Brigjen Pol I Gde Sugianyar Dwi Putra, di sela-sela pertandingan di Kuta, mengatakan pertandingan basket digelar dua hari sejak Sabtu (27/8) hingga Minggu (28/8) kemarin. Pertandingan yang melibatkan 103 tim tersebut dibagi dalam lima kelompok, yakni kelompok umur 10-12 tahun, kelompok umur 14 tahun, kelompok umur 16 tahun, kelompo umum, dan kelompok veteran, yakni usia 35 ke atas.

Pada kegiatan yang disaksikan pengunjung Discovery Mall dan Pantai Kuta, BNNP Bali yang dipimpin langsung oleh Brigjen Gde Sugianyar sekaligus menyosialisasikan hidup sehat tanpa narkoba. Kelompok masyarakat yang terlanjur jadi pengguna narkoba untuk segera lapor diri kepada BNN terdekat agar mendapat layanan rehabilitasi gratis. Sementara masyarakat umum lainnya untuk tidak terpengaruh hingga terjerumus dalam masalah narkoba.

Brigjen Sugianyar mengatakan, perang terhadap narkoba lewat pertandingan basket yang melibatkan masyarakat se-Bali itu sejalan dengan pendekatan pemberantasan narkoba yang diprogramkan Kepala BNN RI Komjen Pol Reinhard Golose. Dikatakan pendekatan yang dilakukan lewat pertandingan basket ini adalah pendekatan soft power.

“Kegiatan yang kita laksanakan ini bekerja sama dengan Discovery Mall dan Kanwil KemenkumHAM Bali. Kegiatan ini merupakan salah satu strategi kita, karena penanganan narkoba tidak hanya dengan menangkap dan memenjarakan. Ini merupakan strategi soft power dengan pendekatan olahraga basket,” kata mantan Kepala BNNP Nusa Tenggara Barat ini.

Menariknya, kegiatan tersebut dimeriahkan oleh pentolan grup band SID, I Gede Aryastina alias Jerinx dan Antrabrez yang merupakan band WBP Lapas Kerobokan. Kehadiran Jerinx dan Antrabrez dalam acara tersebut baik sebagai musisi juga sebagai duta anti narkotika BNNP Bali. Jerinx juga sengaja diundang karena memiliki pengikut media sosial yang sangat banyak. Diharapkan melalui akun media sosial miliki pengikutnya teredukasi, sehingga terhindar dari masalah narkoba.

“Saya mengajak masyarakat yang terlanjur memakai narkoba agar jangan ragu dan takut untuk lapor diri ke BNN. Tidak diproses hukum, identitas dirahasiakan dan tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Brigjen Sugianyar dalam sambutannya yang disiarkan melalui kanal YouTube BNNP Bali.

Melalui kegiatan ini, BNNP Bali berharap agar masyarakat, khususnya generasi muda dapat mengasah bakat dan bisa menerapkan hidup sehat tanpa ketergantungan pada narkoba. Brigjen Sugianyar juga berharap agar pemain basket muda yang ikut dalam turnamen tesebut suatu saat nanti akan menjadi atlet andalan Bali bahkan Indonesia. “Kenapa gelar pertandingan basket? Karena basket merupakan penyumbang medali dalam SEA Games 2021 Vietnam. Salah satu atletnya dari Bali. Para atlet yang meraih medali itu dahulunya melalui proses lewat mengikuti kejuaraan seperti ini. Melalui kegiatan ini juga kita promosikan pariwisata Bali,” tegasnya. *pol

Komentar