nusabali

Pemkab Badung Beri Dukungan Ngasti Wedana dan Manusa Yadnya di Desa Adat Taman

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-beri-dukungan-ngasti-wedana-dan-manusa-yadnya-di-desa-adat-taman

MANGUPURA, NusaBali.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Ketua DPRD Kabupaten Badung I Putu Parwata Maelea Kusuma hadir dan memberi dukungan pada upacara Ngasti Wedana dan Manusa Yadnya yang digelar Desa Adat Taman, Kecamatan Abiansemal, Sukra Wage Uye, Jumat (26/8/2022).

Yadnya yang digelar di lapangan desa yang terletak di sebelah utara Kantor Perbekel Desa Taman tersebut turut dihadiri anggota DPRD Kabupaten Badung daerah pemilihan Kecamatan Abiansemal yang berasal dari Banjar Dinas Jempeng, Desa Taman, I Nyoman Dirgayusa, dan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gede Eka Sudarwitha.

Dalam upacara yadnya yang melibatkan 31 sawa, 70 peserta mapetik, dan 64 peserta matatah tersebut, Bupati Badung memberikan bantuan dana pribadi sebesar Rp 20 juta. Sedangkan dari dana hibah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung dipuniakan senilai Rp 350 juta.

Dalam sambrama wacananya (sambutan), Giri Prasta berpesan kepada Krama Desa Adat Taman untuk selalu berpegang pada ajaran agama Hindu yang mengingatkan untuk selalu menjaga jalinan dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, dengan leluhur, dan dengan pemerintah melalui keikutsertaan secara aktif dalam mendukung program pembangunan.

“Kita semua harus selalu berpedoman dengan ajaran agama Hindu berlandaskan Dharmaning Agama, Dharmaning Leluhur, dan Dharmaning Negara,” jelas Giri Prasta.

Kata Bupati Badung asal Pelaga, Kecamatan Petang ini, dengan berpegang dan menjaga jalinan terhadap tiga aspek tersebut, masyarakat akan mampu menjaga kerukunan dan mempererat pasemetonan, serta tidak mudah dipecah belah layaknya kecintaan Pemkab Badung kepada masyarakatnya.

“Ini lah (hadir dan memberi dukungan) bukti nyata saya dan Pemerintah Kabupaten Badung bahwa kami sayang masyarakat kami,” tegas mantan Ketua DPRD Kabupaten Badung tahun 2011-2015 ini.

Sementara Bendesa Adat Taman I Made Tantra mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan dan perhatian Pemkab Badung kepada upacara yang baru kembali digelar setelah pandemi Covid-19 tersebut.

Upacara Ngasti Wedana dan Manusa Yadnya di Desa Adat Taman Sendiri sudah dimulai sejak Wrespati Pon Uye, Kamis (25/8/2022). Sedangkan puncak upacaranya berlangsung hari ini, Jumat, dengan upacara Atma Wedana, matatah dan mapetik massal. Pada hari yang sama, malam, akan dilangsungkan pelaksanaan ngayut ke Segara Goa Lawah, Kecamatan Dawan, Klungkung. *rat

Komentar