nusabali

HUT Ke–60, LPP TVRI Siap Sukseskan Migrasi ke TV Digital

  • www.nusabali.com-hut-ke-60-lpp-tvri-siap-sukseskan-migrasi-ke-tv-digital

DENPASAR, NusaBali
Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI genap berusia 60 tahun pada 24 Agustus 2022.

TVRI Stasiun Bali merayakannya dengan semarak bertempat di Kantor TVRI Bali Jalan Cok Agung Tresna, Niti Mandala, Denpasar, Rabu (24/8). LPP TVRI siap mensukseskan program migrasi dari TV analog menuju TV digital.

Kepala TVRI Stasiun Bali I Ketut Leneng dalam sambutannya menyatakan LPP TVRI dalam usianya yang ke-60 tetap berkomitmen untuk terus merawat negeri, seperti tema yang diangkat pada perayaan HUT tahun ini. Disampaikan, dengan perjalanan yang cukup panjang LPP TVRI telah berhasil meraih sejumlah penghargaan, baik pada skala nasional maupun internasional.

LPP TVRI siap menyukseskan program ASO (Analog Switch-Off), di mana nantinya seluruh siaran analog di Indonesia akan disuntik mati dan digantikan dengan siaran digital. Program tersebut rencananya akan terealisasi sepenuhnya pada 2 November 2022.

“Terkait dengan kemajuan teknologi digital, TVRI menjadi pioner dalam siaran TV digital,” kata Leneng. Saat ini selain masih menyediakan layanan analog, TVRI sudah dapat disaksikan di empat kanal digital meliputi, kanal 1 TVRI Nasional, kanal 2 daerah (termasuk TVRI Bali), kanal 3 TVRI World, dan kanal 4 TVRI Sport.

“Momentum hari ulang tahun yang ke-60 ini TVRI Bali mulai tadi (kemarin) pagi kami sudah bersiaran digital full HD,” tambah Leneng.

Secara bertahap, lanjutnya, TVRI Bali juga akan terus meningkatkan jumlah dan kualitas konten-konten yang dibawakan.

Kepala KPID Bali Agus Astapa menuturkan pihaknya saat ini getol mensosialisasikan program ASO agar berjalan lancar dan mulus di Bali. Agus Astapa berharap TVRI sebagai salah satu pemegang MUX (Multiplex) dapat menyediakan tempat kepada para penyedia konten.

“Pantauan KPID, Bali TV ada di situ, NET TV ada di situ, Jawa Pos TV ada di situ, dan Kompas TV,” kata Agus Astapa.

Dengan infrastruktur TVRI yang menjangkau luas di Bali, lanjut Agus Astapa, menjadi kelebihan karena siaran dari beberapa TV pada MUX TVRI bisa dinikmati semakin banyak warga Bali termasuk yang berada di pelosok.

Di sisi lain, Agus Astapa mengakui masih ada kendala dalam pembagian set top box (STB) yang harus dibagikan kepada rumah tangga miskin. Diketahui STB merupakan alat yang dipasang pada televisi (lama) untuk bisa menerima siaran TV digital.

“Ada kewajiban bagi para pemegang MUX ini untuk membagikan STB agar bisa menangkap siaran TV digital,” ucap mantan presenter TV ini.

Agus Astapa mengungkapkan sudah ada 28 channel TV yang bisa disaksikan pada siaran TV digital di Bali. Jumlah tersebut jauh lebih banyak daripada siaran TV analog yang berjumlah 16 channel.

Perayaan HUT ke-60 LPP TVRI dirangkaikan dengan perayaan HUT ke-44 TVRI Bali yang mulai bersiaran pada 16 Juli 1978. Beragam kegiatan yang dilakukan pada perayaan tahun ini yakni karnaval, donor darah, fun bike, bakti sosial, bazar, hingga gebyar dangdut di halaman Kantor TVRI Bali. *cr78

Komentar