nusabali

Tangani Kredit Macet di LPD Undisan Kelod, Bendesa Adat Hadirkan Tipikor Polres Bangli

  • www.nusabali.com-tangani-kredit-macet-di-lpd-undisan-kelod-bendesa-adat-hadirkan-tipikor-polres-bangli

BANGLI, NusaBali
Bendesa Adat Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku, Bangli, I Made Sudiasa, mengundang Unit Tipikor Sat Reskrim Polres Bangli untuk memberikan sosialisasi menangani kredit macet di LPD Undisan Kelod, Kamis (28/7).

LPD Undisan Kelod mengalami kredit macet dan lama tidak beroperasi. Kredit macet sekitar Rp 22 juta.  Made Sudiasa mengatakan, Desa Adat Undisan Kelod berupaya membangkitkan kembali LPD. Upaya yang dilakukan dengan menggelar sosialisasi menghadirkan pengurus LPD dan nasabah. Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman hukum terkait operasional dan peminjam kredit di LPD. Sementara Kanit Tipikor Sat Reskrim Polres Bangli, Ipda I Wayan Dwipayana mengatakan, dampak kredit macet menyebabkan LPD kolaps atau tidak beroperasi.

Ipda Wayan Dwipayana menegaskan, penyelesaian kredit macet bisa diselesaikan secara adat sebelum dibawa ke ranah hukum. “Kami memberikan pemahaman kepada nasabah tentang akibat hukum jika tidak bayar kredit. Kami mendukung usaha desa adat menyelesaikan masalah yang membelit LPD,” jelas Ipda Wayan Dwipayana. Diharapkan, peminjam kredit bisa menyelesaikan kewajibannya. Jika permasalahan serupa diulangi dan penanganan secara adat gagal, akan ditindaklanjuti. “Sampaikan kepada kami dan pasti kami proses sesuai aturan hukum,” tegas Ipda Wayan Dwipayana. *esa

Komentar