nusabali

Satgas dan TNI-Polri Sinergi Vaksinasi PMK

  • www.nusabali.com-satgas-dan-tni-polri-sinergi-vaksinasi-pmk
  • www.nusabali.com-satgas-dan-tni-polri-sinergi-vaksinasi-pmk

SEMARAPURA, NusaBali - Tim Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Klungkung, bersama TNI-Polri menggencarkan vaksinasi untuk ternak sapi. Bahkan, dalam sehari petugas menyasar lima  kelompok ternak sapi di Kecamatan Dawan, Klungkung, Sabtu (16/7) pagi.

Adapun lima kelompok  ternak sapi yang disasar oleh petugas, masing-masing Simantri 127 Gapoktan Bunga Mekar, Desa Pesinggahan sebanyak 21 ekor sapi,  Simantri 453 Gapoktan Telaga Sari Desa Pikat 20 ekor, Kelompok Ternak Gapoktan Mekar Tani Desa Kusamba 21 ekor, Simantri 285  Gapoktan Madani Desa Sampalan Kelod 23 ekor dan 21 ekor di Simantri 125 Gapoktan Sawo Kabeh Desa Dawan Kelod.

Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, menerjunkan jajaran Koramil 1610-03/Dawan untuk mengawal dan membantu proses vaksinasi PMK serentak di wilayah Kecamatan Dawan. "Semua sapi yang divaksin hari ini dalam kondisi sehat dan bebas PMK. Vaksinasi ini  merupakan upaya tangkal dan cegah masuk dan tertularnya hewan ternak dari  PMK," ujar Letkol Inf Suhendar.

Untuk saat ini, kegiatan difokuskan kepada kelompok-kelompok  Simantri, namun ke depan kegiatan akan terus berlanjut untuk  menyasar  hewan ternak  perorangan. "Vaksinasi ini tengah kita gencarkan," kata Letkol Inf Suhendar.

Sementara itu, Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, melalui Kapolsek Klungkung Kompol Ida Bagus Putra Sumerta, mengatakan akan terus melakukan monitoring dan pendampingan vaksinasi PMK di wilayahnya, seperti yang digelar untuk ternak sapi milik warga di Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Sabtu kemarin. “Sesuai petunjuk pimpinan, kita wajib mensukseskan pelaksanaan vaksinasi PMK,” ujar Kompol Sumerta.

Menurutnya syarat ternak yang dapat diberikan vaksinasi yaitu kondisinya sehat, dewasa dan tidak dalam keadaan bunting. "Kita juga selalu aktif memberikan imbauan dan mengaharapkan warga yang mempunyai hewan ternak tetap waspada dan tidak panik menghadapi PMK," kata Kompol Sumerta. 

Selain itu, masing-masing personel Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa binaanya selalu menyampaikan kepada pemilik hewan ternak untuk menjaga kebersihan kandang, penyemprotan cairan disinfektan, dan berkoordinasi dengan petugas kesehatan atau pertanian guna mencegah PMK.

Tim Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kabupaten Klungkung mulai mendistribusikan vaksinasi untuk hewan ternak sapi, sejak Selasa (12/7). Untuk saat ini Klungkung sudah mendapatkan 2.000 vial vaksin. "Kita berharap nantinya semua ternak sapi mendapatkan vaksinasi agar terlindungi dari PMK," ujar Kepala Dinas Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida, sembari berkata jumlah sapi keseluruhan di Gumi Serombotan ini mencapai sekitar 40.000 ekor.

Pelaksanaan vaksinasi ini menjadi tantangan tersendiri bagi petugas karena harus mendatangi satu - persatu kandang ternak sapi tersebut, terlebih belakangan ini musim hujan. "Untuk di Klungkung sendiri baru ditemukan 1 ekor sapi terpapar PMK di sebuah kandang ternak Desa Selat, Kecamatan Klungkung, sejak pada Minggu (10/7)," kata Juanida. 7wan

Komentar