nusabali

Dinas PKP Bangli Segera Pengadaan Bibit Koi

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-bangli-segera-pengadaan-bibit-koi

BANGLI, NusaBali
Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli segera melakukan pengadaan bibit ikan koi, ikan mas, dan lele.

Dinas PKP Bangli akan mengembangkan koi di Balai Benih Ikan (BBI) Serokadan, Desa Abuan, Kecamatan Susut. Pengembangan ikan koi, mas, dan lele untuk meningkatkan klasifikasi atau jenis ikan yang dibudidayakan di BBI Serokadan.

Kadis PKP Bangli, I Made Alit Parwata mengatakan, selama ini BBI Serokadan hanya mengembangkan ikan konsumsi yakni ikan nila. Melihat perkembangan pasar, cukup banyak permintaan selain ikan nila. “Minat terhadap ikan koi cukup tinggi. Komunitas koi di Bangli cukup banyak,” ungkap Alit Parwata, Senin (28/3). Pengadaan indukan koi dengan anggaran Rp 25 juta. Anggaran Rp 25 juta untuk dua paket. Masing-masing paket berisikan 6 ekor jantan dan 3 ekor betina dengan ukuran 40 centimeter.

Sementara pengadaan ikan mas sebanyak 40 kilogram dengan anggaran Rp 12 juta. Ikan lele sebanyak 6 paket dengan nilai Rp 2,5 juta. “Saat BBI Serokadan budidayakan ikan nila. Nantinya nila dialihkan ke BBI Sidembunut sehingga BBI Serokadan khusus untuk pengembangan koi, ikan mas, dan lele,” jelas Alit Parwata. Pengadaan indukan dengan cara pengadaan langsung. Ikan yang dibeli harus memenuhi persyaratan. Ada sertifikat dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPAT) Sukabumi. “Ada pemeriksaan untuk menjamin kwalitas ikan. Rencana pengadaan di bulan Juli mendatang,” jelas Alit Parwata. *esa

Komentar