nusabali

Dishub Siapkan 14 Armada Bus Sekolah

PTM Direncanakan Buka 1 April 2022

  • www.nusabali.com-dishub-siapkan-14-armada-bus-sekolah

Dishub Denpasar mengoperasikan 10 bus kecil, 3 bus sedang, dan 1 bus cadangan. Bus sedang kapasitas normal 35 siswa, namun karena pandemi hanya diisi maksimal 25 orang.

DENPASAR, NusaBali
Pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di Kota Denpasar akan kembali digelar. Rencananya Gubernur Bali akan memperbolehkan PTM mulai 1 April 2022 mendatang. Menindaklanjuti rencana tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Denpasar kembali menyiapkan 14 unit bus sekolah untuk mengangkut pelajar pergi maupun pulang sekolah.

Kadishub Kota Denpasar I Ketut Sariawan saat dikonfirmasi, Jumat (18/3), mengatakan persiapan untuk 1 April jika PTM sudah berjalan ada 14 unit bus yang disiapkan. Rinciannya, 10 bus kecil, 3 bus sedang, dan 1 bus cadangan. Sebanyak 3 unit merupakan bus sedang dengan kapasitas normal 35 siswa. Namun, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, kapasitas bus sekolah hanya bisa mengangkut maksimal 25 orang.

Sedangkan untuk bus kecil kapasitas normal sebanyak 20 siswa, kini maksimal diisi 15 siswa. Rute penjemputan, menurut Sriawan, tidak akan ada perubahan rute. Rute yang akan dipakai masih rute normal seperti sebelum pandemi Covid-19. “Rutenya masih sama seperti saat normal. Ada perubahan hanya saat PTM terbatas saja setelah itu kembali normal,” ucap Sriawan.

Dikatakannya, sebanyak 14 unit bus yang disediakan nanti akan melayani sebanyak 17 sekolah yakni 7 SD dan 10 SMP. Sekolah-sekolah tersebut berada di kawasan Kecamatan Denpasar Timur, Kecamatan Denpasar Utara, dan Kecamatan Denpasar Barat bagian utara.

Mereka baru bisa dilayani terbatas karena bus sekolah masih terbatas. Rute yang masih belum terlayani saat ini Kecamatan Denpasar Barat kecuali bagian utara dan Kecamatan Denpasar Selatan. “Kami sudah upayakan untuk penambahan bus sekolah secara bertahap sehingga seluruh kecamatan bisa terakomodir,” imbuh Sriawan.

Jumlah murid yang sudah terlayani selama bus sekolah beroperasi sebanyak 441 siswa. Sementara yang masuk dalam antrean pendaftaran penumpang sejak 2017-2022 sebanyak 174 siswa, sementara yang sudah masuk dalam pendaftaran (dan dalam proses verifikasi, Red) sebanyak 980 siswa, dan akan diproses setelah semua bus sekolah beroperasi. *mis

Komentar