nusabali

Tahun 2022, Pusat Setujui Gianyar Buka Ribuan P3K

  • www.nusabali.com-tahun-2022-pusat-setujui-gianyar-buka-ribuan-p3k

GIANYAR, NusaBali
Tahun 2022, Pemkab Gianyar akan membuka ribuan lowongan untuk tenaga Pegawai Pemerintahan Dengan Perjanjian Kerja  (P3K).

Hal ini menyusul persetujuan pemerintah pusat atas usulan Pemkab Gianyar untuk perekrutan P3K itu. Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pembinaan SDM) Gianyar I Wayan Wirasa mengatakan, usulan ini diawali dengan rapat teknis dengan OPD terkait kebutuhan pegawai. Setelah dipetakan, kebutuhan yang diperlukan 1.700 formasi. Usulan kemudian disampaikan pertengahan tahun 2021 ke pusat melaui e-formasi. "Pertengahan tahun 2021, Pemkab Gianyar mengajukan usulan ASN/PPPK ke Kementerian Menpan RB lewat e-formasi pusat 1.700 formasi," ujarnya, Minggu (13/3).

Kata Wirasa, usulan paling banyak untuk tenaga kesehatan dan pendidikan. Rinciannya, usulan untuk tenaga kesehatan 245 formasi terdiri dari perawat, dokter dan apoteker.  Tenaga teknis 18 formasi, dan terbanyak guru 1.437 formasi. “Total yang diusulkan untuk kebutuhan tahun 2022 sebanyak 1.700 formasi," ungkapnya.

Dia memastikan pembukaan lowongan ini akan dilakukan pertengahan tahun 2022. "Kami ikut jadwal dari pusat, karena test P3K ini dilakukan oleh pusat, bagi masyarakat yang berkingin melamar silahkan bisa mempersiapkan diri dari sekarang," ujarnya.

Selama ini, untuk menutupi kekurangan pegawai khususnya guru, dilakukan dengan mengisi guru tidak tetap (GTT) yang gajinya dibayar dari APBD dan guru honorer dari dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS). Ditambahkan, untuk formasi tahun 2022, semua usulan  tidak ada ASN, formasi hanya P3K. "Soal ASN atau P3K, masih menunggu petunjuk teknis dari pusat. Mudah-mudahan pertengahan tahun ini ada rekrutmen ASN," jelasnya.*nvi

Komentar