nusabali

Kemenkop Hadirkan Pameran UMKM Unggulan di Ajang MotoGP 2022

  • www.nusabali.com-kemenkop-hadirkan-pameran-umkm-unggulan-di-ajang-motogp-2022

JAKARTA, NusaBali
Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba mengatakan pihaknya akan menghadirkan pameran produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) unggulan dalam rangkaian ajang balap MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kementerian Koperasi dan UKM diamanatkan untuk memanfaatkan semua aktivitas yang ada di setiap kegiatan-kegiatan internasional ini untuk mempromosikan UMKM-UMKM kita, salah satunya adalah pada kegiatan MotoGP,” ujar dia dalam konferensi pers secara virtual, Jakarta, Jumat (4/3/2022).

Secara total, terdapat 1.256 UKM yang difasilitasi oleh Kemenkop, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Bank Indonesia (BI), Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Daerah (Pemda) NTB.

Pameran yang dihadirkan Kemenkop berasal dari 14 provinsi di dua titik lokasi, yakni di dalam Pertamina Mandalika International Street Sirkuit.

Di lokasi pertama yang seluas 1.200 meter persegi, akan ditampilkan produk UKM unggulan mulai dari kategori otomotif dengan 27 UKM, merchandise dan suvenir 38 UKM, produk kesehatan lima UKM.

Adapun di lokasi kedua akan menampilkan 45 UKM kategori makanan dan minuman (food and beverage) dengan luas pameran 100 meter persegi.

Sedangkan, Kemenparekraf menyediakan 300 UKM dalam bentuk planogram di Bandar Udara (Bandara) Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid dan 10 food truck di Beach Park The Mandalika.

Sementara itu, BI menyiapkan 83 UMKM di dalam Sirkuit Mandalika, Dinas Koperasi dan UKM Pemda NTB menyiapkan 45 UKM kategori kuliner.

“Selain ada di Pertamina Mandalika Internasional, pameran juga dilaksanakan di 14 titik luar sirkuit,” ungkap Hanung. Rinciannya adalah di Pelabuhan Bangsal sebanyak 40 UKM, Eks Bandara Selaparang 40 UKM, Taman Sangkareang 360 UKM, Islamic Center 60 UKM, Pelabuhan Gili Mas 15 UKM, Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid 25 UKM dan 300 UKM berbentuk planogram, lalu Eks Balai Latihan Kerja (BLK) internasional dengan jumlah partisipasi 40 UKM.

Selanjutnya yaitu di Rumah Sakit Mandalika sebanyak 10 UKM, Parkir Timur maupun Parkir Barat sirkuit Mandalika dengan masing-masing 30 UKM dan 303 UKM, Kuta Beach Mandalika 50 UKM, pasar Senggigi 10 UKM, Science Technology and Industrial Park Badan Riset dan Inovasi Daerah (STIP BRIDA) 20 UKM.

Dengan perkirakan 60 ribu pengunjung yang akan hadir dalam ajang MotoGP, Kemenkop disebut tetap akan mengikuti protokol kesehatan dalam menyelenggarakan pameran sesuai prosedur yang berlaku.

“Antara lain mendaftarkan para peserta pameran pada aplikasi PeduliLindungi, ketersediaan tenda prokes (protokol kesehatan) di setiap tenda yang difasilitasi oleh Kemenkop-UKM,” kata Hanung. *ant

Komentar