nusabali

Jelang Kedatangan Raja Arab Saudi, Pemkab Terjunkan 675 Personel Gabungan

  • www.nusabali.com-jelang-kedatangan-raja-arab-saudi-pemkab-terjunkan-675-personel-gabungan

Satpol PP Kabupaten Badung akan menertibkan gelandangan dan pengemis yang biasa beroperasi di wilayah Kuta.

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung bersiap-siap menyambut kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazi al–Saud yang dijadwalkan berkunjung ke Bali pada 4 Maret mendatang. Yang disiapkan pemerintah adalah gabungan personel lintas instansi, yakni Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK).

Tiga instansi yang memiliki tupoksi berbeda-beda ini bahkan siap menerjunkan personelnya, baik untuk memback-up pengamanan, kelancaran arus lalu lintas, maupun soal kebersihan. Total ada 675 personel gabungan, terdiri 110 personel dari Dishub, 115 personel dari Satpol PP, dan 450 personel dari DLHK Badung.

Kepala Satpol PP Badung I Ketut Martha, menegaskan sudah menginstruksikan jajarannya untuk membantu menjaga keamanan. Sebanyak 115 personel Satpol PP sudah siap terjun “Kesiapan ini kami lakukan guna mendukung kedatangan tamu yang boleh dikatakan istimewa. Personel akan membantu melaksanakan patroli di seluruh wilayah Badung,” kata Mertha, Rabu (1/3).

Bahkan untuk menjaga ketertiban umum selama lawatan Raja Salman, Satpol PP akan menertibkan para gelandangan dan pengemis (gepeng) yang kerap mangkal di jalan-jalan seputaran Kuta. “Kami sudah mengantisipasi hal tersebut. Kami akan mengupayakan agar gepeng tidak ada lagi di Badung,” tegas pejabat asal Karangasem, tersebut.

“Ini merupakan wujud sinergisitas antar-semua SKPD di Pemkab Badung, jadi tidak saja Satpol PP, tapi juga dari perhubungan dan kebersihan juga ikut bergabung,” imbuhnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Badung Wayan Weda Darmaja mengungkapkan akan turut membantu dalam bidang kelancaran lalu lintas. Weda mengakui akan menerapkan penjagaan selama satu hari penuh dengan pembagian 3 jam kerja. “Kami menerjunkan 110 personel keseluruhan. Seluruh personel kemudian dibagi tiga yakni pagi-siang, siang-malam, malam-pagi, sehingga dipastikan penjagaan di seluruh wilayah dilakukan sepanjang hari,” tegasnya.

Tak hanya mengerahkan personel ke lapangan, menurutnya pengawasan lalu lintas yang ada di Badung khususnya di daerah perkotaan juga akan dipantau melalui control room yang ada di Puspem Badung. “Sehingga seluruh pergerakan lalu lintas lebih dapat termonitor, dan apabila ada simpul kemacetan bisa langsung ditangani oleh personel di lapangan.”

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Putu Eka Merthawan juga telah siap menerjunkan sebanyak 450 personel guna menyambut kedatangan Raja Salman. Kekuatan ini menurutnya akan dibagi menjadi tujuh tim khusus untuk menjaga kebersihan terutama yang ada di ruas jalan.

“Semua tim akan bekerja untuk membersihkan tempat-tempat yang sudah ditentukan seperti di pantai, sungai, jalan, unit reaksi cepat, dan yang lainnya,” papar Merthawan.

Pada bagian lain, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta di sela-sela pelantikan Sekda Badung mengharapkan agar kedatangan Raja Salman ini membawa berkah terhadap Badung dan Bali. “Kami berharap kedatangan Raja Salman ini membawa investasi ke Bali khususnya Badung,” ucapnya. * asa

Komentar