nusabali

Rawat Barang Bukti, Kejari Habiskan Rp 9,5 Juta/Tahun

  • www.nusabali.com-rawat-barang-bukti-kejari-habiskan-rp-95-jutatahun

GIANYAR, NusaBali
Kejaksaan Negeri (Kejari) Gianyar melalui Seksi Barang Bukti dan Barang Rampasan secara rutin merawat barang bukti (BB) berupa sepeda motor dan mobil.

Kejari Gianyar menghabiskan anggaran Rp 9,5 juta/tahun untuk biaya perawatan itu. Kasi Intelijen Kejari Gianyar I Gde Ancana menjelaskan kontrol rutin dilakukan setiap bulan guna memastikan BB berupa sepeda motor dan mobil tersebut, dalam kondisi terawat, bersih, dan rapi. "Perawatan ini bagian dari pelayanan kepada masyarakat yang mana BB yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) akan dikembalikan kepada pemiliknya dalam keadaan baik dan layak sebagaimana penerimaan BB tersebut dari penyidik," ujarnya Kamis (24/2).

Ditambahkan, saat ini ada 15 BB sepeda motor dan 2 BB mobil di Kejari Gianyar karena masih proses persidangan. "Untuk BB mobil akan dilelang dan masih dalam proses pengajuan ke petugas lelang di Denpasar," lanjutnya.

Sebelumnya, per tahun 2021, jumlah BB sepeda motor di Kejari Gianyar 74 unit dan mobil 28 unit. Kini hanya tersisa 15 unit BB sepeda motor karena yang lainnya sudah dikembalikan kepada pemilik. Anggaran untuk pemeliharaan dan perawatan BB Rp 9,5 juta/tahun.

"Perawatan dilakukan berkelanjutan, tanpa berlama-lama. Kami segera mengeksekusi atau dikembalikan kepada yang berhak sesuai putusan pengadilan dengan mengantarkan langsung BB tersebut kepada pemiliknya," bebernya.

Di samping itu, Kasi PB3R Kejari Gianyar beserta staf juga rutin membersihkan gudang penyimpanan BB kendaraan tersebut.*nvi

Komentar