nusabali

24 ODS Rumah Berdaya Denpasar Dapat Suntikan Booster

  • www.nusabali.com-24-ods-rumah-berdaya-denpasar-dapat-suntikan-booster

DENPASAR, NusaBali.com - Vaksinasi booster Covid-19 di Kota Denpasar menyasar kelompok rentan, salah satunya Orang Dengan Skizofrenia (ODS atau sebelumnya dikenal ODGJ) Rumah Berdaya. Sebanyak 24 anggota rumah terapi psikososial tersebut mendapatkan vaksin dosis ketiga jenis Pfizer di Gedung Santhi Graha Denpasar, Rabu (23/2/2022).

Sebelumnya ke-24 ODS telah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua pada bulan Mei-Juni 2021 lalu. Pada saat itu mereka mendapatkan vaksin Covid-19 jenis Sinovac. 

Vaksinasi booster diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kota Denpasar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Denpasar, berlangsung selama 2 hari, 22-23 Februari 2022.

Pengelola Rumah Berdaya Denpasar, I Nyoman Sudiasa, mengatakan bersyukur ODS Rumah Berdaya mendapat kesempatan mengikuti vaksinasi booster. Ia mengatakan ODS merupakan kelompok disabilitas yang layak mendapat prioritas mengikuti vaksinasi karena termasuk kelompok rentan.

"Kami sudah enam bulan lalu mengikuti vaksinasi dosis kedua, jadi bisa mengikuti vaksinasi booster. Ada 24 orang yang ikut, sisanya menyusul ada 7 orang, karena vaksinasi dosis kedua ikut belakangan," ujar Sudiasa, ditemui seusai kegiatan. 

Ia mengatakan saat ini anggota Rumah Berdaya ada sekitar 70 orang, namun yang aktif mengikuti kegiatan di Rumah Berdaya hanya sekitar 30 orang. 

"Yang ikut vaksinasi booster bersama Rumah Berdaya hanya yang selama ini aktif mengikuti kegiatan di Rumah Berdaya, selebihnya mengikuti vaksinasi booster secara mandiri di fasyankes," ujar pria asal Busung Biu, Seririt, Buleleng. 

Sejauh ini ia belum mendapat laporan terkait gejala KIPI yang dialami para ODS Rumah Berdaya. "Syukur tidak ada yang mengalami gejala berat, paling hanya sedikit merasa lemas," ujarnya.

Seperti yang dikatakan salah satu ODS Rumah Berdaya, I Gede Kartika Wiguna. Menurutnya vaksin Pfizer sedikit berbeda dengan vaksin Sinovac pada vaksin dosis satu dan dua. "Tidak terlalu ada gejala, cuma sedikit lemas saja," ujar Dedika panggilan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati, mengatakan vaksinasi di Gedung Santhi Graha menyasar para difabel di Kota Denpasar, termasuk ODS.

Pelaksanaanya berlangsung dua hari sejak Selasa (22/2/2022) kemarin. "Sasarannya sebanyak 63 orang pada hari pertama dan 71 orang di hari kedua," ujarnya. 

Lebih jauh dikatakan ada sekitar 1.400 difabel di Kota Denpasar yang akan diberikan prioritas mendapat vaksin booster Covid-19. Selain mengikuti kegiatan vaksinasi yang diadakan Dinas Sosial seperti hari ini, mereka, para difabel, juga mengikuti vaksinasi booster secara mandiri di fasyankes yang tersebar di Kota Denpasar.

“Bagi difabel yang sulit untuk ke luar rumah, maka kami yang akan mendatangi mereka langsung," imbuh Laxmy.

Komentar