nusabali

Papua dan Kalimantan Target Peserta FTN 2016

  • www.nusabali.com-papua-dan-kalimantan-target-peserta-ftn-2016

Festival Topeng Nusantara (FTN) 5-7 Desember 2015, ditutup Kepala Dinas Kebudayaan Gianyar IGN Wijana, Senin (7/12)  malam, di Wantilan Pura Taman Pule, Desa Mas, Ubud, Gianyar. 

GIANYAR, NusaBali
Kesuksesan pagaleran yang diikuti enam daerah itu membuat Pemkab Gianyar akan memperluas undangan peserta FTN untuk tahun 2016.

Usai acara penutupan, Kepala Dinas Kebudayaan Gianyar IGN Wijana mengatakan, peserta FTN tahun ini lebih sedikit karena persiapan mepet. Untuk tahun 2016, FTN akan mengundang seniman dari 34 propinsi di Indonesia. Dengan persiapannya nanti akan lebih awal, termasuk anggaran. Daerah yang menjadi target untuk jadi peserta antara lain Papua dan Kalimantan. Sebab dua daerah tersebut dikenal kaya seni topeng. Pelaksanaan FTN mempertegas misi Gianyar sebagai Kabupaten Pusaka.

Malam penutupan FTN diisi dengan pemberian penghargaan kepada peserta FTN dan seniman pelestari topeng, dilanjutkan pementasan tari topeng. Seniman pelestari topeng yang menerima penghargaan Tjokorda Oka Tublen dan I Wayan Tangguh  (Singapadu, Sukawati),  I Made Regug (Lantangidung), Ida Bagus Balik Ambara dan Ida Bagus Anom dan I Wayan Muka  (Mas Ubud), serta Ida Bagus Alit Wiadnyana (Lodtunduh,Ubud). Sanggar yang ikut pada FTN di Desa Mas ini Sanggar Kencana Mas, Pedemangan, Jakarta Utara, Sanggar Pringgading, Cirebon, Jawa Barat, Sangar Tari Kedungmonggo, Sekar Taji, Malang, Sanggar Kakul Mas, Desa Batuan, Sukawati, ISI Jogjakarta, Sanggar Jepun Putih, Denpasar, dan Sanggar Tari Soeryo Soemirat dari Istana Mangku Negara Solo. 7 lsa

Komentar