nusabali

Dipercaya Sembuhkan Penyakit Kulit

Tirta Panglukatan Tiyisan di Desa Sidan, Gianyar

  • www.nusabali.com-dipercaya-sembuhkan-penyakit-kulit

GIANYAR, NusaBali
Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, terletak di ujung timur laut Kabupaten Gianyar. Desa ini memiliki keragaman potensi alam.

Di antaranya, Panglukatan Tiyisan berupa  air dari mata air yang disucikan warga sekitar. Warga meyakini tirta panglukatan ini berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Perbekel Desa Sidan I Made Sukra Suyasa menjelaskan Tirta Panglukatan ini berasal dari tirta Pura Bukit Camplung. "Masyarakat di sini meyakini tirta ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit," jelas Sukra yang juga anggota Sabha Desa Adat Sidan, Senin (3/2).

Jelas dia, Panglukatan ini sebagai tempat pasiraman  (penyucian) rencang-rencang Ida Bathara yang melinggih atau berstana di pura tersebut.

Sukra Suyasa lebih jauh mengungkapkan, di tempat ini juga ada ikan Julit putih yang terlihat sewaktu-waktu. Hanya saja, kondisi tempat ini masih alami hanya ada cubang alami. "Nantinya akan dibuatkan pancoran. Yang unik di tempat ini, meski hujan deras, tirta ini tetap jernih tidak keruh," jelasnya.

Menurut Sukra Suyasa, panglukatan ini sudah ada semenjak adanya Pura Bukit Camplung, diperkirakan sekitar zaman Kerajaan Sidan. Diceritakan, jelas dia, Raja Sidan ketika itu sedang bertapa. Dalam pertapaannya, sang raja mendapatkan wahyu Angklung Sidan yang diperoleh di Pura Bukit Camplung. "Di sekitar pura ini juga ada artefak diperkirakan abad ke-7," ucapnya.

Dikatakannya, nanti tempat ini akan diperkenalkan sebagai tempat panglukatan dan sebagai penunjang wisata Desa Sidan. "Tirta panglukatan ini sangat diyakini bisa menyembuhkan penyakit kulit. Kami akan perbaiki sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum, sekaligus untuk pengembangan daya tarik wisata Desa Sidan," ucapnya.

Ke depan, diakuinya, pengelolaan panglukatan ini akan menjadi satu dengan pengembagan ekowisata Desa Sidan (Kisidan). Di dalamnya ada Puspa Aman Desa Sidan sekaligus Puspa Aman Kabupaten Gianyar. Stage Desa Sidan yang dulu dipakai untuk pementasan Tari Barong,  nanti dimanfaatkan untuk lobi atau pintu masuk pengunjung ke kawasan ekowisata Sidan. "Selain itu, di desa ini juga ada panglukatan Tirta Empul yang konon memiliki hubungan secara spiritual dengan Tirta Empul di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring. Panglukatan ini juga akan juga kami angkat potensinya," ujarnya. *nvi

Komentar