nusabali

Gunarta Kembali Nahkodai IDI Cabang Badung

Bupati Harapkan IDI Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

  • www.nusabali.com-gunarta-kembali-nahkodai-idi-cabang-badung

MANGUPURA, NusaBali
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr I Nyoman Gunarta kembali menahkodai Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Badung untuk periode 2021-2024.

Prosesi pelantikan pengurus IDI Badung yang baru turut dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di ruang pertemuan kertha gosana, Puspem Badung, Minggu (12/12).

Pelantikan Pengurus IDI Badung dilakukan oleh Ketua IDI Wilayah Bali, yang diawakilkan oleh Wakil Ketua IDI Wilayah Bali dr I Nyoman Rudi Susantha. Berdasarkan surat keputusan PB IDI Pusat, dr I Nyoman Gunarta kembali terpilih sebagai Ketua IDI Badung. Acara tersebut dihadiri Majelis Kode Etik Kedokteran Wilayah Bali, Dekan Fakultas Kedokteran Unud, Ketua IDI Cabang Kabupaten/Kota se-Bali, Direktur Rumah Sakit di Badung serta Ketua Organisasi Profesi Kesehatan.

Ketua IDI Badung dr I Nyoman Gunarta menyampaikan, proses pelantikan ini merupakan lanjutan dari musyawarah cabang pada April 2021. Kemudian keluar SK PB IDI pada Juli 2021 terkait dengan kepengurusan IDI Badung yang baru. “Semenjak keluarnya SK PB IDI, pengurus baru telah mulai melakukan tugas, wewenang dan tanggung jawab pengurus,” kata dr Gunarta.

Ditambahkan, mengacu pada RPJMN 2020-2024, bidang kesehatan terjadi transformasi. Bila diamati, akan terjadi transformasi di layanan primer dan sekunder, transformasi di bidang ketahanan kesehatan dalam menghadapi suatu wabah atau pandemi, transformasi dalam SDM kesehatan, pembiayaan maupun manajemen kesehatan. “Terhadap hal ini, IDI harus bisa mengemban peranan sebagai partner strategis pemerintah baik tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, sehingga memberikan suatu masukan, saran dan strategi konstruktif kepada pengambil kebijakan,” ujar dr Gunarta.

Sementara dalam sambutan Ketua IDI Wilayah Bali yang disampaikan Wakil Ketua dr I Nyoman Rudi Susantha, mengapresiasi dan sangat salut atas dukungan yang begitu besar yang diberikan Pemkab Badung kepada IDI Cabang Badung. Ini dapat dilihat dari salah satu misi Pemkab Badung, yaitu meningkatkan kualitas SDM yang berlandaskan pada penguatan pendidikan, kesehatan, dan perekonomian masyarakat.

“Semoga sinergi dan kerja sama ini dapat berjalan dengan baik, demi mendukung pembangunan nasional serta memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat,” harapnya.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang menghadiri pelantikan tersebut mengucapkan selamat kepada pengurus IDI Cabang Badung yang baru dilantik. Besar harapannya melalui wadah organisasi dan kepengurusan yang baru ini IDI mampu menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang timbul di bidang kesehatan sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

“Kami harapkan IDI tetap berperan penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat,” tegas Bupati Giri Prasta.

Lebih lanjut, di masa pandemi Covid-19 ini, Bupati Giri Prasta mengajak seluruh pengurus IDI Badung tetap kuat bergerak bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang setulus-tulusnya. Bupati juga melakukan beberapa evaluasi terhadap IDI, salah satunya berkenaan dengan majelis kehormatan etik kedokteran yang nanti dapat memberikan edukasi sampai ke akar rumput, sehingga pola kerja dan pola pikir menjadi sama. *ind

Komentar