nusabali

Pedagang Pasar Seni Guwang Harap Imbauan Dilengkapi Solusi

  • www.nusabali.com-pedagang-pasar-seni-guwang-harap-imbauan-dilengkapi-solusi

GIANYAR, NusaBali
Pedagang Pasar Seni Guwang, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Gianyar, berharap kedatangan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, bisa berdampak terhadap pariwisata Bali.

Pedagang berharap agar setiap imbauan pemerintah disertai solusi.  Salah seorang pedagang lukisan, Cokorda Oka mengatakan sejak pandemi dirinya sukit dapat pegarus (jualan awal). "Mudah-mudahan dengan kedatangan wapres, ada solusi dari pemerintah agar turis kembali ke Bali," harapnya di sela-sela menunggu kedatangan Wapres Ma'ruf Amin, Minggu (5/12).

Menurut para pedagang, banyaknya imbauan dan kebijakan tanpa adanya solusi, menyebabkan pariwisata sepi hingga berimbas ke kunjung Pasar Seni Guwang. "Biar gak salah nanti, tapi kemungkinan kebijakan itu yang buat sepi, tanpa ada solusi," ujar Cokorda Oka, diiyakan para pedagang lain.

Sebelum pandemi, kata Cokorda Oka, yang banyak berkunjung adalah wisatawan Cina dan lokal. Para pedagang berharap, pelancong yang sedang berkunjung ke Bali, ikut melihat pasar seni. Agar situasi pasar bisa kembali normal. "Wakil Presiden aja berani ke sini, apa lagi masyarakat biasa. Artinya pasar ini layak untuk dikunjungi. Protokol kesehatan dan kebersihan sudah siap," jelasnya.

Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra mendampingi Wapres Ma'ruf Amin selama di Gianyar. Pedagang Nyoman Surati asal Banjar Buluh, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, berharap sama. "Kehadiran Wakil Presiden ini akan memberikan harapan pulihnya ekonomi Bali," ucapnya. Saat mendapat kesempatan bercakap cakap dengan Wakil Presiden, Surati menyampaikan kondisi pedagang saat sebelum pandemi, memasuki pandemi dan kondisi saat ini. Dia menjawab Bali sangat tergantung dari sektor pariwisata. Maret 2020 saat mulai merasakan dampak pandemi kunjungan wisatawan hampir menuju titik nol. Akibat pandemi pasar mengalami beberapa kali buka tutup termasuk karena pemberlakukan PPKM. "Saat ini kunjungan wisatawan ke Pasar Seni Guwang hanya berkisar 30 persen dari kondisi normal," jelas ibu 3 anak ini. Para pedagang meminta Pemerintah melalui Wakil Presiden memberikan kemudahan wisatawan untuk berkunjung ke Bali.

Bendesa Adat Guwang I Ketut Karben Wardana berharap kedatangan Wapres bisa menjadi promosi bagi Pasar Seni Guwang. "Pedagang berharap kunjungan ini bawa dampak positif," ujarnya. *nvi

Komentar