nusabali

Penggunaan Solar System dalam Kehidupan Keseharian

  • www.nusabali.com-penggunaan-solar-system-dalam-kehidupan-keseharian

Alam sudah menggunakan energi matahari sejak dulu. Meskipun ada banyak diskusi mengenai hal ini namun matahari sebenarnya adalah masalah sekaligus solusi. Energi matahari merupakan konstanta yang tidak berubah.

JAKARTA, NusaBali.com
Matahari mungkin tidak pernah berubah namun pemahaman kita tentang matahari yang berubah. Kita sekarang bisa memanfaatkan  energinya untuk menggantikan metode tradisional yang telah menimbulkan banyak kerugian di planet ini. Solar system membawa banyak manfaat. 

Konsumen bisa menggunakan energi matahari yang tidak terbatas sebagai sumber energi untuk rumah, mobil dan peralatan. Pengguna energi matahari tidak menghasilkan bahan bakar fosil seperti batu bara dan gas alam. Apa saja penggunaan energi matahari dalam kehidupan sehari-hari? Begini penjelasannya. 

Penggunaan Solar System dalam Kehidupan
 
Berikut ini beberapa penggunaan tenaga surya dalam kehidupan sehari-hari: 

1. Untuk Transportasi 

Kereta api, bus, kereta bawah tanah, trem, pesawat dan mobil pada banyak kota telah beralih ke tenaga surya. Banyak negara dan kota yang menyadari bahwa pembakaran bahan-bahan seperti bensin dan solar menghasilkan karbon dioksida ke atmosfer, berkontribusi pada gas rumah kaca yang terperangkap. Memperkenalkan energi surya ke dalam sektor transportasi bisa membantu menyelesaikan masalah lingkungan ini dan bisa menciptakan masa depan yang lebih baik untuk semuanya. 

Jenis kendaraan alternatif diciptakan untuk menggantikan model dengan bahan bakar konvensional. Saat ini, ada kendaraan serba listrik atau kendaraan yang menggunakan energi fotovoltaik (PV). Energi PV ini berasal dari matahari. Belakangan ini, justru ada pesawat dengan tenaga surya pertama yang melintasi Samudera Pasifik sebagai bukti potensi besar sumber energi ini. 

Dalam kehidupan sehari-hari, kendaraan dengan solar energy bisa segera bergabung dengan angkutan umum yang ada di negara anda. Akhirnya, kendaraan ini bisa memasuki dunia internasional dan mendapatkan pengakuan serta status pada area yang sebelumnya tak tersentuh. 

Kemajuan dalam teknologi surya tampak menjanjikan untuk sektor transportasi yang mungkin akan segera menggunakan energi PV sebagian atau bahkan seluruhnya pada berbagai kota. Transportasi adalah penggunaan energi surya sehari-hari yang bisa berpengaruh positif bagi seluruh dunia. 

2. Pengisian Tenaga Surya 

Daya tahan baterai merupakan gangguan yang umum terjadi di dunia teknologi. Handphone, tablet, smartwatch, perangkat yang bisa digunakan lainnya. Peralatan ini hanya bertahan beberapa jam sebelum dicolokkan ke stop kontak atau mengganti baterai. 

Ini bisa membuat acara seperti berkemah atau konferensi bisnis menjadi  lebih sulit dimana tidak ada akses listrik 24/7. Tenaga surya bisa memberikan sumber energi matahari yang stabil pada konsumen untuk mengisi energi pada perangkat tanpa membutuhkan listrik. Bayangkan anda bisa meninggalkan rumah tanpa berpikir dua kali tentang berapa persentase baterai ponsel atau perangkat lain. 

Ini tidak masalah karena anda bisa mengisi daya perangkat scara portabel dengan menggunakan teknologi surya. 

Pengisi daya baterai tenaga surya memanfaatkan energi matahari untuk mengisi daya perangkat elektronik dimana saja dan kapan saja. Entah anda sedang menjalani di alam atau menghabiskan waktu 12 jam pada pusat konvensi, anda bisa menikmati masa penggunaan baterai. Semuanya dilakukan sambil mengurangi jejak karbon. 

Negara Terbesar Pengguna Energi Surya


3. Solar Heating

Tenaga surya adalah alat yang sangat baik untuk pemanasan maupun pendinginan namun kapasitas pemanasan matahari sebenarnya sangat multifungsi. Kolektor termal surya memungkinkan siapapun untuk memanfaatkan PV untuk energi termal atau panas. Perangkat termal mengumpulkan panas dari sinar matahari untuk meningkatkan suhu komponen. Solar power bisa memanaskan air serta cairan lain dalam pipa pengumpul kemudian mengubahkan menjadi sumber panas yang bisa digunakan. 

Beberapa peralatan bertenaga surya di pasaran yang menggunakan energi matahari antara lain: 
- Kamar surya
- Pemanas air tenaga surya
- Pemanas ruang surya
- Kolam air panas matahari dan bak mandi air panas
- Mesin cuci bertenaga surya
- Pancuran tenaga surya portabel
- Oven dan pemanggang tenaga surya
- Turbin dan generator menggunakan uap panas bertekanan
- Kolektor termal untuk penggunaan pertanian

Banyak aplikasi yang menggunakan energi matahari dalam hubungannya dengan aplikasi listrik atau gas tradisional. Misalnya sistem pemanas perumahan tenaga surya akan menggunakan energi panas untuk memanaskan rumah jika memungkinkan namun menggunakan sambungan listrik atau gas ketika energi panas tidak cukup untuk mencapai suhu yang diinginkan. 


4. Penerangan Tenaga Surya 

Lampu dengan tenaga surya sudah muncul di ribuan kota yang ada di berbagai negara. Tenaga surya menjadi cara yang mudah, terjangkau dan efisien untuk menyalakan lampu jalan, lampu lanskap, lampu lainnya dan lampu senar. Lampu tenaga surya tidak membutuhkan pengaturan yang rumit atau sambungan listrik. 

Lampu-lampu ini bisa diletakkan dimana saja tanpa harus menggunakan kabel mahal yang sangat panjang. Lampu dengan energi surya ini sangatlah menghemat biaya dan mengurangi resiko gangguan karena koneksi yang buruk. Penerangan adalah salah satu cara yang paling penting untuk menggunakan energi surya. Jika anda berpikir bahwa energi surya terlalumahal buat anda maka pikirkan saja lagi. 

Anda bisa mencari di Google mengenai berapa harga lampu yang menggunakan tenaga surya. Pikirkan untuk menukarkan beberapa lampu tradisional dengan lampu tenaga surya dan rasakan sendiri manfaat energi terbarukan ini. 

FAQ
 
Terbuat dari apa sel surya itu? 
-Panel surya mengandung sel surya juga dikenal dengan sel fotovoltaik yang terbuat dari semikonduktor yang mengubah sinar matahari menjadi listrik. 

Bagaimana cara kerja panel surya? 
-Panel surya bekerja dengan cara membiarkan foton atau partikel cahaya menjatuhkan elektron bebas dari atom untuk menghasilkan aliran listrik. Cara kerja panel surya sebenarnya terdiri dari banyak unit yang lebih kecil disebut dengan sel fotovoltaik. 

*)Konten ini dibuat oleh Core Freelancers, penyedia jasa SEO untuk bisnis anda. 

Komentar