nusabali

Sambut Galungan, ST Mekar Jaya Bakti Sosial di Pura Desa Gulingan

  • www.nusabali.com-sambut-galungan-st-mekar-jaya-bakti-sosial-di-pura-desa-gulingan

MANGUPURA, NusaBali.com –  Menyambut datangnya hari raya Galungan pada Buda Kliwon Dungulan, Rabu (10/11/2021),  ST Mekar Jaya, Banjar Babakan Kangin, Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, menggelar aksi sosial di beberapa pura yang ada di Desa Gulingan.

“Baksos melibatkan 45 anggota ST Mekar Jaya menyasar Pura Desa Gulingan, Pura Subak Babakan dan Pura Dalem Babakan,” ujar I Made Suartana, Ketua ST Mekar Jaya, Jumat (5/11/2021).

Dengan berpakaian adat, para generasi penerus Banjar Babakan Kangin, Desa Gulingan tersebut saling bekerja sama, bahu-membahu membersihkan areal pura dengan setulus hati, sebagai wujud bakti kepada masyarakat serta para leluhur atau pendahulu yang berjasa di desa.

Kegiatan bakti sosial pun diiringi dengan beberapa kegiatan sosial lainnya, seperti pembagian nasi bungkus, serta masker gratis kepada masyarakat yang melintas di sekitar wilayah mareresik tersebut. “Ada total 500 pcs masker kain, dan 150 pcs nasi bungkus yang telah kami bagikan untuk masyarakat,” ungkap Suartana.

Ia pun menyatakan bahwa pada tanggal 10 November dan 20 November 2021 atau bertepatan dengan hari raya Galungan dan Kuningan, ST Mekar Jaya juga akan membuat stand masker gratis di pura, sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 mengingat masih dalam masa pandemi . “Pada saat itu akan dibagikan untuk para pamedek (pengunjung) pura yang melakukan kegiatan persembahyangan. Sementara untuk jumlah masker yang akan dibagikan nanti yakni 300 pcs masker kain,” tambahnya.

Lebih lanjut Suartana pun menjelaskan, bahwa kegiatan bakti sosial yang telah terselenggara, merupakan wujud nyata serta dedikasi yang positif kepada masyarakat oleh para generasi muda, khususnya generasi muda Banjar Babakan Kangin, Desa Gulingan. “Di samping itu kami ingin menghilangkan citra anak muda yang suka mabuk-mabukan, dengan meminum minuman keras, dalam rangka merayakan hari raya Galungan. Dan semoga apa yang telah kami lakukan, dapat menjadi inspirasi anak muda lainnya,” terangnya. *rma

Komentar