nusabali

Diguyur Hujan, Senderan Jebol dan Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-diguyur-hujan-senderan-jebol-dan-pohon-tumbang

MANGUPURA, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Badung. Akibatnya sebuah senderan garasi milik I Wayan Sukowana, 42, di Lingkungan Tegal Luwih Blok NN25, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, yang berada di pinggir sungai jadi tergerus.

Kerugian diperkirakan mencapai Rp 90 juta. “Kejadiannya itu Minggu (31/10) malam sekitar pukul pukul 21.11 Wita. Saat kejadian hujan deras, sehingga mengakibatkan senderan garasi tergerus sepanjang 10 metar, tinggi 3 meter. Kebetulan posisi garasi tepat dipinggir sungai,” kata Kabid Logistik dan Kedaruratan BPDP Badung dr Ni Nyoman Ermy Setiari, Senin (1/11).

Syukur tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun, pemilik diketahui mengalami kerugian sekitar Rp 90 juta. “Jadi, sekarang pemilik tidak bisa memarkirkan mobilnya,” kata Ermy Setiari.

Pada hari yang sama, senderan jebol di Banjar Tuka, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara. Akibat hujan deras senderan jebol dan tembok penyengker rumah warga milik I Gusti Ngurah Bagus dengan panjang 15 metar dan tinggi 5 meter roboh. Kerugian akibat bencana ini pun diperkirakan sekitar Rp 80 juta.

“Jebolnya senderan dan tembok penyengker ini berdampak pada aliran kali jadi tertutup, sehingga senderan harus segera diperbaiki, karena bila tidak akan terus digerus oleh air. Mengingat lokasinya berada di samping saluran air/irigasi,” kata Ermy Setiari.

Bencana lainnya berupa pohon tumbang. Menurut Ermy Setiari, pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang terjadi Minggu sore di sebelah timur GOR Mengwi yang berada di Banjar Munggu, Desa/Kecamatan Mengwi. Pohon tumbang tersebut sampai menutup akses jalan menuju SMPN 1 Mengwi. “TRC PB BPBD Badung dibantu pihak terkait sudah melakukan penanganan saat itu juga, sehingga akses jalan sudah normal lagi,” kata Ermy Setiari sembari mengimbau masyarakat lebih waspada saat musim hujan. *asa, ind

Komentar