nusabali

Wawali Arya Wibawa 'Exit Meeting' Bersama BPK RI Perwakilan Bali

  • www.nusabali.com-wawali-arya-wibawa-exit-meeting-bersama-bpk-ri-perwakilan-bali

DENPASAR, NusaBali
Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa melaksanakan exit meeting bersama Wakil Penanggungjawab Pemeriksaan BPK RI Perwakilan Bali Ridwan Sani Matondang beserta tim di Ruang Praja Utama, Kantor Walikota Denpasar, Rabu (29/9).

Rapat ini dilaksanakan lantaran Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja Atas Pengelolaan Barang Milik Daerah Pemerintah Kota Denpasar Tahun Anggaran 2020 dan Semester I Tahun Anggaran 2021 telah usai.

Ridwan Sani Matondang memberikan apresiasi atas komitmen jajaran Pemkot Denpasar dalam mendukung proses pemeriksaan. Hingga pemeriksaan usai, seluruh berkas telah diterima dengan baik. Namun masih ada catatan-catatan yang hendaknya ditindaklanjuti Pemkot Denpasar.

Dikatakannya, pemeriksaan pendahuluan ini dilaksanakan sesuai dengan amanat undang-undang. Pelaksanaannya bertujuan untuk mendukung pemahaman hal pokok atau objek, identifikasi masalah, penentuan area potensial, identifikasi masalah, penentuan area kunci, penentuan tujuan dan lingkup pemeriksaan terinci, penentuan kriteria pemeriksaan, komunikasi kriteria pemeriksaan, dan penyusunan laporan pendahuluan.

“Berdasarkan hasil penilaian SPI (SPI Coso dan SPI level Proses Bisnis), dapat disimpulkan tingkat efektivitas SPI secara keseluruhan diperoleh hasil cukup efektif, namun masih ditemukan beberapa kelemahan untuk menjadi perhatian entitas,” jelasnya.

Terkait hal tersebut, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, pemeriksaan kinerja pendahuluan atas Pengelolaan Barang Milik Daerah Tahun Anggaran 2020 dan Semester I Tahun 2021 dilakukan oleh  BPK RI selama sekitar 35 hari.  

“Kami sangat mengapresiasi tim BPK Perwakilan Provinsi Bali, yang telah melakukan Pemeriksaan Kinerja Pendahuluan atas Pengelolaan Barang Milik Daerah Tahun Anggaran 2020 dan Semester I Tahun 2021 di Kota Denpasar secara independen, objektif, dan profesional untuk menemukan gambaran umum dan menentukan fokus pemeriksaan selanjutnya,” kata Wawali Arya Wibawa.

Dikatakannya, komunikasi yang sudah terjalin dengan baik antara tim BPK dengan jajaran OPD Pemkot Denpasar dapat terus ditingkatkan, agar data-data pendukung yang sudah disampaikan dapat disempurnakan dan dilengkapi kembali.

“Terhadap resume yang telah disampaikan, kami Pemerintah Kota Denpasar mengucapkan terima kasih dan kami akan segera  menindaklanjuti, tentunya dengan bimbingan serta arahan dari BPK RI Perwakilan Bali, agar pengelolaan barang milik daerah di kota denpasar menjadi lebih baik,” ucap Wawali Arya Wibawa.

Hadir di acara tersebut Pj Sekda Kota Denpasar I Made Toya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan AA Gde Risnawan, Asisten Administrasi Umum I Gusti Ngurah Eddy Mulya, Plt Kepala Inspektorat Kota Denpasar Naning Djayaningsih, serta OPD terkait di Pemkot Denpasar. *mis

Komentar