nusabali

Bayar Tol Nirsentuh Berlaku September 2022

  • www.nusabali.com-bayar-tol-nirsentuh-berlaku-september-2022

JAKARTA, NusaBali
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan menerapkan pembayaran tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) mulai September 2022 mendatang.

"Target implementasi secara bertahap dimulai September 2022 dan implementasi penuh pada 2023 dengan berbagai manfaat yang akan kita ukur terus menerus," tutur Kepala BPJT Danang Parikesit, dilansir Antara, Rabu (8/9).

Menurut dia, pembayaran tol nirsentuh memiliki banyak manfaat, di antaranya mengurangi kemacetan di gerbang tol yang menyebabkan antrean kendaraan. Kemudian, mengurangi polusi dan emisi karbon hingga 35 persen.

Termasuk juga mendukung digitalisasi pembayaran dengan membuka seluruh opsi pembayaran yang dipantau secara realtime, hingga efisiensi biaya operasional tol dengan jaminan penerimaan 100 persen pendapatan tol.

Sistem MLFF, sambung Danang, juga dapat menghemat waktu 30 detik hingga 5 menit yang biasanya digunakan untuk bertransaksi di gerbang tol.

Dengan memanfaatkan konektivitas telepon pintar dan satelit, nantinya palang dan gerbang tol tidak lagi diperlukan.

Pengguna jalan tol dapat masuk dan keluar jalan tol tanpa hambatan. Sementara, tarif tol nantinya akan terpotong otomatis dari saldo pengguna melalui aplikasi yang berfungsi sebagai On Board Unit (OBU) elektronik atau e-OBU saat melewati sensor akses masuk tol.

Penerapan MLFF juga akan menggunakan teknologi GNSS untuk mengenali dan menentukan posisi kendaraan yang masuk ke jalan tol.

"Kita sedang berkejaran dengan China yang juga melakukan hal yang sama untuk kendaraan Golongan 1. Di Eropa juga diterapkan untuk kendaraan berat. Tetapi, di Asia, baru Indonesia dan China yang akan menjadi dua negara pertama pengguna GNSS untuk kendaraan pribadi," imbuh Danang.

Adapun, implementasi tahap pertama penggunaan teknologi MLFF akan dilakukan di 40 ruas tol yang ada di Jawa dan Bali pada tahun depan. *

Komentar