nusabali

Belasan Siswa SLB Jimbaran Jalani Vaksinasi Susulan

Sempat Tercecer Saat Vaksinasi Tahap II

  • www.nusabali.com-belasan-siswa-slb-jimbaran-jalani-vaksinasi-susulan

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 14 siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Badung sudah menjalani vaksinasi tahap II.

Proses vaksinasi belasan siswa ini dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali di Aula sekolah yang terletak di Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Kepala SLB Negeri 1 Badung Ni Nyoman Suwastarini, mengakui 14 siswanya telah menjalani vaksinasi vaksinasi susulan untuk tahap II. Meski begitu, katanya, masih ada yang belum menjalani vaksinasi. “Masih ada yang belum tercover. Makanya kami saat ini sedang mendata dan mastikan seluruh siswa sudah tervaksin,” kata Suwastarini, Senin (6/9) siang.

Menurutnya, dari data sekolah, siswa yang menjalani vaksinasi tahap I sebanyak 111 orang. Kemudian vaksinasi tahap II pada pertengahan Agustus 2021 sebanyak 69 orang, sehingga sisanya masih ada 42 siswa. Untuk mengakomodir yang belum selesai divaksin, pada 2 September 2021 dilakukan vaksinasi tahap sebanyak 14 orang. Mereka yang menjalani vaksinasi tahap II susulan ini langsung ditangani oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

“Awalnya akan diakomodir melalui Puskesmas Kuta Selatan. Tapi ternyata yang dari Dinas Kesehatan Provinsi yang melakukan. Hanya baru 14 siswa saja yang menerima vaksinasi susulan. Sisanya akan kami data lagi,” kata Suwastarini.

Suwastarini mengatakan, masih ada siswa yang belum tercover saat vaksinasi susulan disebabkan berbagai faktor. Salah satunya adanya siswa yang menjalani vaksinasi mandiri. Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak keluarga dan memastikan para siswa yang belum tersentuh dengan alasan sakit atau lain sebagainya akan segera didata untuk diserahkan ke instansi terkait untuk merampungkan tahapan vaksinasi. “Kalau mereka sudah menjalani vaksinasi secara mandiri, kami tetap data. Pun kalau ada yang sama sekali belum, itu yang kami perjuangkan untuk segera mendapatkan vaksin. Ya, hal ini sebagai upaya agar seluruh siswa di SLB ini sudah divaksin semua,” kata Suwastarini.

Dengan selesainya vaksinasi tahap II bagi seluruh siswa SLB, bisa meningkatkan kekebalan tubuh para peserta didik. Selain itu bisa memenuhi target pemerintah dalam memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Di sisi lain, dengan rampungnya vaksinasi seluruh siswa, pihaknya siap mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM). “Yang terpenting saat ini seluruh siswa di SLB sudah divaksin lengkap. Dengan demikian, imun tubuh kuat dan siap melakukan pembelajaran tatap muka. Tapi, semuanya masih tunggu instruksi,” tegasnya. *dar

Komentar