nusabali

BI Denpasar Gelar Temu Responden

  • www.nusabali.com-bi-denpasar-gelar-temu-responden

Peranan responden Bank Indonesia (BI) dalam melakukan assestment terhadap indikator perekonomian Provinsi Bali dianggap penting, terutama menyangkut penyediaan data yang dibutuhkan oleh BI. 

Hadirkan VP PT Go-jek Dipandu Cak Lontong

DENPASAR, NusaBali
Hal tersebut diungkapkan Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Dewi Setyowati, pada saat acara temu responden yang digelar di kantor setempat, Kamis (3/12).

"Data dan informasi yang diberikan para responden ini sangat penting bagi BI dalam melakukan assestment ekonomi Provinsi Bali. Sudah hampir dua tahun BI berinteraksi dengan para responden yang berasal dari berbagai sektor usaha," ujar Dewi.

Dikatakan Dewi, dalam interaksi dengan responden BI banyak mendapatkan informasi yang dibutuhkan seperti investasi, modal, bahan baku produk, pemasaran, pegawai, dan yang lainnya. Secara bulanan analisa data-data dari responden tersebut digunakan untuk Analisa Ekonomi Keuangan Regional (RER) dan secara triwulanan digunakan dalam Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR).

"Ini yang kemudian menjadi dasar BI dalam menentukan kebijakan ekonomi. Hasil dari survei-survei tersebut juga berperan besar menjadi informasi dini (leading indicator) sebagai masukan kebijakan bagi kantor pusat BI dalam menentukan arah perekonomian nasional," imbuhnya.

Pihaknya juga menyampaikan, dalam Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional memuat berbagai informasi yang relevan dengan perkembangan proyeksi ekonomi dan keuangan Provinsi Bali. Pihaknya tidak memungkiri, tingkat persaingan di segala sektor pada era globalisasi dirasa semakin tinggi sehingga menyebabkab perubahan dalam berbagai aspek berlangsung dengan cepat pula.

"Kondisi ini memberikan kesempatan bagi pengusaha Indonesia untuk melahirkan produk yang berkualitas dan dibutuhkan oleh pasar global. Kami harapkan pula kajian ini dapat dimanfaatkan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan bisnis secara berkesinambungan di wilayah Provinsi Bali," harapnya.

Acara temu responden BI 2015 bertajuk 'Pioneering On Innovation to Lead the Globalization' menghadirkan narasumber ternama yaitu Vice President PT Go-jek Indonesia, Dayu Dara Permata dan Carrer Coach & Author, Rene Suhardono dengan dipandu langsung oleh Aktor sekaligus komedian, Cak Lontong. Kedua narasumber tersebut berbicara banyak tentang pengalaman sekaligus berbagi ilmu wirausaha kepada para peserta. Diharapkan, para responden mendapatkan inspirasi dalam mengembangkan usahanya pada era globalisasi dan siap menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). 7i

Komentar