nusabali

Tim Paralimpiade Didukung KBRI Tokyo

  • www.nusabali.com-tim-paralimpiade-didukung-kbri-tokyo

JAKARTA, NusaBali
Sebagian besar kontingen Paralimpiade Indonesia telah tiba di Tokyo. Mereka langsung mendapat dukungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo. Setiap hari selalu ada perwakilan KBRI yang membantunya.

“Kehadiran pegawai KBRI sangat membantu kami dalam banyak hal. Mereka tiap hari hari hadir di wisma atlet untuk mendampingi kontingen. Karena mereka bisa bahasa Jepang, jadi mereka juga sering menjadi penerjemah bagi kami,” ujar Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, Minggu (22/8).

Dukungan staf KBRI tersebut dirasakan kloter pertama kontingen Indonesia sejak di Tokyo. Setelah keluar dari pesawat, kontingen disambut Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Tri Purnajaya bersama sejumlah jajaran pegawainya.

Kolaborasi antara NPC Indonesia dan KBRI tidak lepas dari peran National Olympic Committe (NOC) Indonesia yang membantu merintis hubungan NPC Indonesia dan KBRI. Yakni, saat Sekjen NOC Indonesia Ferry J. Kono membentuk grup WA bersama Kemenpora, KBRI, dan NPC. Kini NPC merasakan suport KBRI kepada kontingen Paralimpiade.

Sebab berbeda dengan Olimpiade 2020, event Paralimpiade 2020 membutuhkan sejumlah fasilitas dan sarana berbeda. Seperti, sejumlah atlet yang menggunakan kursi roda atau alat bantu jalan lainnya. Panitia Paralimpiade pun memfasilitasi hal tersebut.

“Saya sangat senang dengan fasilitas lengkap yang disediakan oleh tuan rumah,” kata Senny. Tim Paralimpiade Indonesia sendiri saat ini sedang mematangkan persiapan. Mereka rutin berlatih tiap hari, dengan mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan panitia Paralimpiade 2020. Semua atlet dan ofisial wajib mengikuti tes PCR tiap hari. k22

Komentar