nusabali

PPKM, Vaksinasi di Tabanan Tetap Dikebut

  • www.nusabali.com-ppkm-vaksinasi-di-tabanan-tetap-dikebut

TABANAN, NusaBali
Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Tabanan terus dikebut. Per 16 Agustus 2021, vaksinasi tahap I secara akumulatif sudah mencapai 102 persen atau sejumlah 328.063 dari sasaran 321.609 orang.

Bahkan Dinas Kesehatan Tabanan hari ini, Kamis (19/8) akan melaksanakan vaksinasi tahap 2 di Desa Dajan Peken dan Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, menyasar 21 banjar.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Suratmika, menegaskan vaksinasi terus dilakukan meskipun dalam suasana PPKM. Bahkan sesuai data terbaru, vaksinasi tahap I secara akumulatif sudah mencapai 102 persen atau melampaui target sasaran. Sementara pelaksanaan vaksinasi tahap II sudah mencapai 34,4 persen atau sejumlah 110.694 orang dari sasaran 321.609 orang. “Capaian vaksinasi tahap II masih rendah karena masih menunggu jadwal vaksinasi,” ungkap dr Suratmika, Rabu (18/8).

Menurut dia capaian vaksinasi tahap I yang mencapai 102 persen ini sudah mencangkup sejumlah sasaran. Mulai dari tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat umum hingga vaksinasi untuk remaja. “Khusus vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan, capaian mencapai 1.956 orang. Sisanya yang belum masih dilakukan bertahap karena menunggu kedatangan vaksin,” tegas dr Suratmika.

Menurut dr Suratmika, selama dilaksanakan proses vaksinasi, petugas tak sampai menemukan kendala yang memperlambat pelaksanaan. Artinya kendala teknis seperti masyarakat tunda mengalami vaksinasi karena memiliki penyakit komorbid masih bisa diatasi. “Kendala berat tidak ada, intinya vaksinasi yang belum tinggal menunggu jadwal,” kata dr Suratmika.

Sementara itu, untuk mempercepat proses vaksinasi di Tabanan, Dinas Kesehatan Tabanan telah menjadwalkan vaksinasi tahap II di Desa Dauh Peken dan Desa Dajan Peken. Vaksinasi tersebut digelar di sejumlah tempat mulai dari balai banjar, kampus STISIP Margarana, warung hingga sekolah SMP. “Pengawasan kembali melibatkan OPD di Pemkab Tabanan sesuai dengan jadwal,” tandas dr Suratmika.

Kemudian terkait dengan angka kasus Covid-19 di Tabanan belum menunjukkan tren penurunan. Per 18 Agustus 2021 terjadi tambahan 91 kasus baru, disertai angka kesembuhan 48 orang, dan 10 orang dilaporkan meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19.

Bagi pasien baru yang terkonfirmasi positif seluruhnya telah melakukan isolasi terpusat yang disediakan Pemkab Tabanan, yakni di Asrama Poltrada Bali yang ada di Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, dan di Hotel Pop yang ada di Denpasar. *des

Komentar